7 Cara Alami Menebalkan Rambut, Murah, Aman dan Sehat

7 Cara Alami Menebalkan Rambut Murah, Aman dan Sehat
7 Cara Alami Menebalkan Rambut Murah, Aman dan Sehat - Rambut merupakan mahkota wanita yang patut dijaga keindahannya. Rambut yang halus, lebat dan tebal sering diidentikkan dengan rambut yang cantik. Karena hal ini, banyak sekali wanita yang rela bolak-balik ke salon demi mendapatkan rambut yang diidam-idamkan. Namun tahukah Anda jika obat-obat rambut yang sering digunakan salon banyak mengandung campuran bahan-bahan kimia, selain itu perawatan di salon juga butuh biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, untuk siapa saja yang mengidamkan rambut indah perlu tahu cara alami menebalkan rambut yang pastinya lebih murah dan tanpa efek samping. Tidak perlu merogoh kocek yang besar untuk mendapatkan rambut tebal, Anda bisa menebalkan rambut dengan menjaga asupan nutrisi yang masuk di badan dan juga dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan murah.

Cara Alami Menebalkan Rambut dengan Bahan-bahan yang Sering Kita Jumpai

Banyak faktor yang dapat memengaruhi ketebalan rambut seseorang, antara lain faktor keturunan, asupan nutrisi yang kurang, polusi, salah perawatan rambut dan penggunaan bahan kimia yang merusak rambut, dan hal ini bisa dihindari. Tapi bagaimana jika rambut sudah terlanjur tipis? Tenang saja, ada banyak cara alami menebalkan rambut yang bisa Anda lakukan sehingga tidak perlu sering-sering ke salon lagi. Berikut ini adalah perawatan yang bisa dilakukan untuk menebalkan rambut secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai sehari-hari:

1. Masker rambut dengan lidah buaya
Tanaman lidah buaya yang sering tumbuh di halaman rumah ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Kandungan asam amino, mineral, protein dan vitamin A, C, E yang ada dalam tanaman ini sangat berkhasiat untuk rambut. Menggunakan masker lidah buaya ini merupakan salah satu cara alami menebalkan rambut yang bisa dicoba di rumah. Penggunaan masker lidah buaya ini  cukup mudah, Anda bisa mengambil beberapa batang dan membelahnya. Daging lidah buaya yang bening itu lalu dioleskan ke kulit kepala hingga rata. Diamkan sekitar 30 menit, setelah itu bilas dan cuci bersih dengan shampo. Lidah buaya ini bisa menutrisi dan menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok dan terlihat tebal, Anda juga akan mendapatkan bonus rambut yang makin halus dengan lidah buaya ini.

2. Olesi dengan minyak zaitun
Saat akan keramas Anda bisa mengolesi rambut dan kulit kepala terlebih dahulu dengan minyak zaitun. Olesi sekitar 1 jam sebelum keramas. Saat mengolesi minyak ke kepala, gunakanlah gerakan memutar sambil memijat perlahan-lahan kulit kepala agar minyak lebih terserap. Setelah itu, bungkus kepala beserta rambut Anda dengan handuk yang sudah direndam dengan air hangat. Diamkan 30 – 60 menit lalu cuci dengan shampo hingga bersih. Minyak zaitun ini selain melembabkan rambut dan menghaluskannya, juga bisa mencegah kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut baru. Jika minyak zaitun ini digunakan secara rutin maka perubahan rambut Anda menjadi lebih lebat akan semakin terlihat.

3. Masker dari telur
Penting diketahui cara alami menebalkan rambut yang paling simple yaitu dengan cara selalu menutrisinya, dan salah satu nutrisi terpenting untuk rambut adalah protein. Telur mengandung protein yang sangat tinggi dan rambut juga membutuhkan protein sebagai salah satu nutrisi utamanya. Protein dari telur ini baik sekali untuk menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok dan menjadikan rambut lebih tebal.

Cara menggunakan masker rambut dari telur ini juga mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 2 atau 3 butir telur (disesuaikan dengan panjang rambut), kocok putih dan kuning telur dan oleskan pada rambut yang sudah dibasahi sebelumnya. Diamkan sekitar 15 menit dan bilas. Saat membilas lebih baik gunakan air hangat dan shampo untuk menghilangkan bau amis dari telur. Lakukan perawatan ini dengan rutin sekitar 3 kali seminggu.

4. Minyak kemiri
Jika Anda ingin membuat minyak sendiri Anda bisa menumbuk kemiri dan merebusnya dengan air sampai keluar minyaknya. Minyak kemiri akan mengapung di atas air rebusan, ambil minyak kemiri tersebut dan taruh di wadah. Namun jika ingin lebih praktis, minyak kemiri bisa dibeli langsung di pasaran. Minyak kemiri dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil di pijit-pijit ringan. Diamkan sekitar 30 menit dan bilas hingga bersih. Olesi kepala Anda dengan minyak kemiri ini setidaknya 3 kali seminggu. Kemiri mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang baik untuk regenerasi rambut, membuat rambut cepat tumbuh dan lebih lebat.

5. Santan kental
Cara alami menebalkan rambut dengan santan kental ini dinilai mudah karena santan sering dijumpai dan mudah sekali didapatkan. Santan kental ini tidak hanya bisa menebalkan dan melebatkan rambut tapi juga bisa membuat rambut lembab, hitam dan berkilau. Santan yang paling baik digunakan untuk masker rambut adalah santan perasan pertama yang didiamkan dulu beberapa saat. Nantinya santan akan memisah antara yang kental dengan yang cairnya, gunakan hanya bagian atasnya yang kental.

Setelah santan kental dipisah Anda bisa mengoleskannya pada seluruh rambut dan kulit kepala hingga rata. Bungkus rambut dan kepala dengan handuk. diamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas, namun untuk hasil maksimal gunakanlah sebelum tidur dan bungkus rambut semalaman, bilas di pagi hari menggunakan air hangat dan shampo. Bau santan agak sulit hilang dari rambut jadi Anda bisa mengulangi membilas beberapa kali. Hasil dari masker santan kental ini akan langsung terlihat. Rambut akan halus dan tampak tebal. Ulangi penggunaan masker santan ini tiap minggunya.

6. Masker madu untuk rambut
Makanan manis yang digemari beruang madu ini juga banyak sekali khasiatnya untuk manusia. Selain untuk kesehatan badan, madu juga banyak manfaatnya untuk kecantikan mulai dari wajah, kulit, hingga rambut. Sebagai salah satu cara alami menebalkan rambut, madu dipercaya sangat berkhasiat. Karena dianggap sangat berkhasiat, madu sering digunakan sebagai bahan formula pada shampo penebal rambut. Untuk penggunaan maskernya sendiri Anda bisa mengambil beberapa sendok madu (jika bisa gunakanlah madu asli, jangan yang banyak tambahan gulanya), sama seperti menggunakan masker rambut biasanya, oleskan madu ke rambut secara merata, diamkan 10-15 menit. Cuci bersih rambut dan untuk hasil yang tampak pakailah masker madu ini minimal 1 kali seminggu.

7. Mengolesi kepala dengan seledri
Cara alami menebalkan rambut yang terakhir dalam pembahasan ini adalah dengan tangkai daun seledri. Sebelum dioles dengan batang seledri rambut dan kepala harus bersih terlebih dahulu. Tangkai daun seledri yang sudah disiapkan dihaluskan, kemudian oleskan ke kulit kepala dengan merata. Pijit-pijit lembut dan diamkan sejenak. Tutup dengan shower cap selama kurang lebih 1 jam. Cuci rambut sampai benar-benar bersih. Lakukan minimal 2 kali seminggu.
Bahan-bahan yang digunakan diatas adalah bahan alami yang tidak berbahaya dan mudah didapatkan. Cara alami menebalkan rambut dengan lidah buaya, minyak zaitun, telur, minyak kemiri, santan, madu dan seledri ini juga murah dan tidak akan membuat kering kantong. Tetap jaga kesehatan rambut Anda dan buatlah ia makin tebal dan cantik. Selamat mencoba!
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel