5 Tips Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Permanen Dengan Bahan Sederhana di Sekitar Kita

5 Tips Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Permanen Dengan Bahan Sederhana di Sekitar Kita
Rambut merupakan mahkota bagi tubuh kita. Sebagai mahkota, tentu kita harus menjaganya agar tetap terlihat cantik dan sehat. Sebagai orang Indonesia, salah satu ciri rambut sehat sebenarnya bisa kita lihat dari warnanya yang hitam. Salah satu masalah yang dialami rambut Anda adalah adanya perubahan warna, yang tentu akan mengurangi kesehatan rambut Anda. Perubahan warna yang terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya faktor usia, gejala-gejala penyakit, faktor genetik dan faktor tertentu seperti stress. Jika terjadi perubahan warna pada rambutnya, kebanyakan orang akan memilih menggunakan produk penghitam rambut buatan, yang sebenarnya berbahaya jika terlalu sering digunakan. Lalu, apakah ada solusi lain? Tentu ada. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tips cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan bahan sederhana yang sebenarnya ada di sekitar kita.

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Permanen dengan Bahan Sederhana

Salah satu alasan yang membuat orang memilih produk penghitam rambut sintetis adalah karena lebih praktis dan hasilnya lebih cepat terlihat. Tetapi mereka tidak memikirkan dampak yang mungkin akan terjadi kedepannya. Pemakaian yang terus-menerus dan berlebihan, justru malah semakin membuat rambut kita rusak.

Lalu bagaimana dengan penghitam alami? Mungkin Anda berpikir bahwa menghitamkan rambut dengan bahan alami itu terlalu ribet, dan hasilnya pun tidak tahan lama. Benarkah demikian? Jawabannya tidak juga. Cara alami sangat mudah dilakukan. Hasil yang akan Anda dapatkan pun sangat maksimal dan tahan lama. Yang paling penting adalah aman bagi kesehatan rambut Anda. Berikut ini merupakan Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan bahan yang sebenarnya ada di sekitar kita.

1. Buah Alpukat
Apakah Anda di rumah mempunyai buah alpukat? Jika Ada, informasi ini penting untuk Anda ketahui. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata alpukat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya kesehatan rambut. Dari hasil penelitian yang dilakukan, buah alpukat mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Sehingga akan membuat rambut Anda terlihat lebih hitam, lembab dan sehat secara alami.
Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan bahan dasar buah alpukat sangat mudah dilakukan, berikut caranya:
  • Anda cukup menyiapkan 1 buah alpukat yang masih segar, kemudian kerok daging buahnya dengan menggunakan sendok
  • Selanjutnya kerokan daging buah alpukat tersebut dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Aduk secara merata hingga membentuk campuran pasta.
  • Kemudian bilas rambut Anda dengan air dingin sampai bersih, lalu oleskan pasta campuran alpukat tersebut di seluruh bagian rambut Anda secara merata.
  • Tutup seluruh bagian rambut Anda dengan handuk basah selama 30 menit
  • Bilas seluruh bagian rambut Anda dengan air dingin hingga bersih dan hilang. Bagaimana mudah bukan? Anda wajib mencobanya.

2. Biji Pepaya Hitam
Biji pepaya merupakan bagian dari buah pepaya yang sering dibuang. Karena kebanyakan orang menganggap bahwa biji tersebut tidak ada manfaatnya. Tetapi tahukah Anda, bahwa ternyata biji ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut. Biji buah pepaya memiliki khasiat untuk melembabkan dan mencegah datangnya uban pada rambut Anda. Mau tahu caranya?

Berikut ini merupakan Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan bahan biji pepaya hitam.
  1. Anda cukup menyediakan kurang lebih 30 biji buah pepaya. Setelah itu goreng biji tersebut tanpa menggunakan minyak sampai benar-benar kering
  2. Tumbuk biji-biji kering tersebut sampai halus. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa hingga membentuk adonan kental seperti shampo.
  3. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut Anda. Untuk meratakan olesan, Anda disarankan untuk memijit-mijit sebentar selama 5-10 menit. Kemudian diamkan selama 30 menit.
  4. Bilaslah dengan air dingin hingga bersih. Untuk menghilangkan baunya, Anda bisa langsung keramas dengan shampo. Demikianlah tips cara menghitamkan rambut dengan bahan biji pepaya. Setelah mengetahuinya, apakah Anda masih mau membuang bijih pepaya?

3. Kopi
Kopi merupakan bahan dasar minuman yang banyak disukai orang. Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata kopi memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Dalam dunia kesehatan, mungkin yang kita ketahui kopi memiliki manfaat bagi kesehatan kulit saja. Namun dewasa ini, telah dilakukan penelitian tentang kandungan kopi yang juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kita. Seperti yang kita ketahui, kopi mengandung senyawa kafein yang berkhasiat untuk menghitamkan rambut Anda.

Berikut ini merupakan Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan menggunakan kopi.
  • Campurkan bubuk kopi dengan air hangat, lalu aduklah hingga merata dan biarkan campuran tersebut hingga dingin.
  • Saring campuran kopi tersebut untuk memisahkan antara ampas kopi dengan air kopi. Selanjutnya, gunakan air kopi tersebut untuk mencuci seluruh bagian rambut Anda. Gunakan secara berulang kali sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  • Bilas rambut Anda dengan air dingin hingga bersih. Untuk menghilangkan bau kopi, Anda bisa langsung keramas menggunakan shampoo. Bagaimana simpel bukan? Setelah mengetahui tips ini mungkin Anda harus sedia banyak stock kopi di rumah. Selamat mencoba.
4. Daun Rambutan
Untuk bahan yang terakhir ini kita masih bicara masalah buah. Namun, bukan daging buahnya yang kita bahas, tetapi lebih ke daunnya. Dari hasil penelitian menyebutkan dalam daun rambutan terdapat senyawa saponin, tanin, dan polifenol yang telah terbukti cukup efektif dalam meningkatkan produksi pigmen pada rambut. Selain itu nutrisi dari daun rambutan juga bermanfaat dalam mencegah kerontokan rambut.

Ingin tahu Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan menggunakan daun rambutan? Begini caranya.
  1. Petiklah beberapa helai daun rambutan secukupnya
  2. Hancurkan daun tersebut dengan cara dilumat
  3. Tambahkan air secukupnya, kemudian peras daun yang telah dilumat hingga keluar air sarinya.
  4. Oleskan air sari tersebut ke seluruh bagian rambut Anda secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit
  5. Bilas rambut Anda dengan air bersih, hingga warna dan bau dari air sari daun rambutannya hilang. Bagaimana, cukup simpel bukan?

5. Lidah Buaya ( Aloe vera )
Mungkin untuk bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Lidah buaya memang tanaman yang sering digunakan sebagai bahan industri shampoo. Tetapi ternyata kita pun sebenarnya bisa membuat sendiri obat penghitam rambut dengan bahan ini secara sederhana. Begini caranya.
  1. Siapkan beberapa buah lidah buaya yang masih segar
  2. Patahkan bagian-bagiannya, ambil gel yang keluar dari hasil patahan tersebut, kemudian oleskan di seluruh bagian rambut AndaDiamkan selama kurang lebih 30 menitan. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Bagaimana, sederhana bukan? Itulah Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan lidah buaya.
Nah, itulah tips mengenai Cara menghitamkan rambut secara alami permanen dengan bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Bagaimana, apakah Anda tertarik? Selamat mencoba.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel