13 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

13 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya
Masalah kesehatan rambut yang sampai sekarang banyak dikeluhkan berupa serangan kutu rambut. Meskipun di zaman modern seperti sekarang teknologi perawatan rambut sudah semakin maju, tetapi masih tetap saja ada kasus kutu rambut. Pola hidup kurang bersih menjadi penyebab utama dari munculnya masalah kutu rambut. Jadi tidak jarang penderita kutu rambut rata-rata usia anak-anak. Terdapat banyak cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dimana bisa memakai bahan-bahan sederhana yang aman untuk kulit kepala beserta rambutnya. Jika Anda mengalami masalah seperti serangan kutu rambut membandel bahkan sangat sulit dihilangkan, langsung saja simak 13 cara ampuh untuk menghilangkannya secara permanen sampai ke telurnya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Cara-cara untuk menghilangkan kutu rambut sebenarnya sangat sederhana, tetapi hingga sekarang masih belum banyak disadari. Metode pengobatan tradisional akan jauh lebih efektif karena tidak ada efek samping apapun. Maka dari itu, kita langsung simak saja seperti apa cara-cara sederhana untuk menghilangkan serangan kutu rambut sampai ke telurnya.

1. Memakai Kacang Almond
Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya bisa memakai bahan alami berupa kacang almond. Pastinya Anda sudah pernah melihat kacang almond bahkan mengkonsumsinya, akan tetapi manfaat dari kacang almond sangat baik untuk menghilangkan kutu rambut secara alami. Caranya sangat mudah, rendamlah 10 kacang almond selama 1 malam, di pagi hari kupas biji lalu tumbuh sampai berbentuk pasta. Tambahkan jeruk nipis secukupnya dan aduk sampai rata, kemudian oleskan ke semua bagian kulit kepala. Tunggu hingga 2 jam dan bilas sampai bersih memakai air dingin.

2. Memakai Jeruk Lemon
Penanganan dari kutu rambut harus cepat diatasi, cara mudah bisa memakai jeruk lemon. Kandungan asam cukup tinggi pada jeruk lemon sangat efektif menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Caranya sangat mudah cukup persiapkan 1 buah lemon beserta cuka. Peras lemon ke dalam sebuah wadah lalu basuhkan ke semua permukaan kulit kepala. Lakukan pemijatan selama 10 menit lalu diamkan hingga air perasan lemon meresap. Setelah 40 menit bilas menggunakan air hangat yang sudah diberi air cuka sebelumnya.

3. Memakai Alkohol
Tidak hanya dari jeruk lemon saja, cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya bisa memakai bahan alkohol. Kandungan isopropil di dalam alkohol sangat cocok untuk menghilangkan kutu rambut sampai ke telurnya. Cara pertama persiapkan wadah kemudian tuangkan alkohol secukupnya. Oleskan ke bagian kulit secara merata kemudian tunggu sampai 30 menit. Sesekali sisir rambut memakai sisir khusus penghilang kutu rambut dan lihat hasilnya. Setelah lebih dari 30 menit bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

4. Bawang Merah
Masih belum banyak orang mengetahui bahwa bawang merah sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut sampai ke telurnya. Bawang merah memiliki kandungan sulfur putih yang cocok untuk menghilangkan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya memanfaatkan bawang merah sangat mudah. Persiapkan 5 siung bawang merah dan haluskan memakai blender. Setelah bentuknya berubah menjadi pasta, peras dan masukkan ke dalam kain. Ambilah hasil perasan bawang tersebut dan balurkan ke semua area kulit kepala. Diamkan selama 10 menit lalu tutup memakai handuk hangat kurang lebih selama 2 jam. Setelah 2 jam sisirlah rambut memakai sisir khusus kutu maka semua kutu akan mati.
5. Minyak Zaitun
Jika Anda memiliki masalah kutu rambut yang tak kunjung sembuh, cobalah memanfaatkan minyak zaitun. Manfaat dari minyak zaitun sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut, caranya sangat mudah. Bersihkan dahulu rambut dan oleskan minyak zaitun secara merata. Lakukan pemijatan dengan tujuan mempercepat peresapan minyak. Tutup kepala memakai shower cap lalu diamkan selama 1 malam. Pada pagi hari bersihkan minyak zaitun menggunakan air dingin.

6. Minyak Kelapa
Cara menghilangkan kutu rambut dan teluarnya bisa memakai minyak kelapa yang sudah dikenal mampu melenyapkan kutu rambut beserta telurnya. Cara memanfaatkan minyak kelapa sebagai penghilang kutu rambut sangatlah mudah. Pertama cukup mengoleskan minyak kelapa ke semua bagian rambut lalu lakukan pemijatan selama 15 menit untuk mempercepat proses peresapan. Tutup bagian rambut memakai shower cap selama 1 malam lalu bersihkan memakai air dingin di pagi hari.

7. Mayones
Mungkin Anda berpikir mayones hanya digunakan untuk bahan makanan saja, namun jangan heran bila mayones sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Banyak kalangan menilai mayones mampu menghilangkan kutu rambut sampai ke telur dalam waktu cepat. Beli produk mayones murni tanpa memakai rasa, lalu oleskan secara merata ke semua bagian rambut. Tutup memakai shower cap dan tunggu sampai 6 jam. Setelah 6 jam bersihkan mayones menggunakan air bersih atau keramas dan sisir rambut memakai sisir kutu.

8. Lidah Buaya
Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya bisa memakai lidah buaya dimana sangat cocok untuk perawatan rambut. Cara cepat mengolah lidah buaya sangat mudah yakni cuci bersih daun lidah buaya lalu belah jadi 2 bagian. Oleskan secara menyeluruh ke bagian kepala dan jangan lupa berikan pemijatan selama 5 menit. Diamkan selama kurang lebih 3 jam barulah bersihkan memakai air dingin. Pastikan gel lidah buaya hilang, untuk lebih mudah menghilangkannya keramaslah.

9. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Perpaduan minyak kayu putih dan jeruk nipis sangat cocok untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Caranya cukup peras 2 buah jeruk nipis di sebuah wadah lalu tambahkan 6 sendok kayu putih. Aduk sampai merata lalu oleskan ke bagian rambut hingga merata. Tambahkan pemijatan lalu diamkan selama 2 jam. Bilas memakai air hangat dan keramaslah untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih di kulit kepala.

10. Cuka
Bahan masakan berupa cuka juga efektif untuk menghilangkan kutu rambut secara efektif. Kandungan asam di dalam cuka bisa membantu mencegah munculnya telur kutu. Tetapi untuk mengolahnya tidak boleh sembarangan, bahkan pemberian cuka harus terkontrol tidak boleh berlebihan agar kulit kepala tak terjadi iritasi.

11. Daun Sirsak
Ada cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya yakni memakai daun sirsak yang memiliki sifat anti bakteri. Persiapkan daun sirsak sebanyak 10 lembar lalu rebus sampai mendidih. Diamkan sampai cukup dingin lalu oles secara merata ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 3 jam lalu bersihkan memakai shampoo.

12. Kapur Pengusir Kecoa
Mungkin terdengar aneh, namun kapur khusus untuk mengusir kecoa sangat efektif menghilangkan kutu rambut. Caranya sangat mudah yakni haluskan kapur kemudian oleskan merata ke semua bagian kulit kepala. Tunggu sampai 3 jam untuk memberi efek maksimal dari kapur. Setelah selesai 3 jam bersihkan memakai shampo. Jangan terlalu sering memakai kapur pengusir kecoa karena sifat kimianya tidak cukup baik untuk kesehatan rambut.

13. Jalankan Hidup Bersih
Faktor utama dari munculnya kutu rambut hingga bertelur adalah minimnya kesadaran akan kebersihan rambut. Sebisa mungkin bersihkan rambut memakai shampo secara rutin untuk memberi efek bersih di bagian kulit kepala sampai kesehatan rambut.

Menjalankan hidup bersih dengan sering keramas menjadi satu cara efektif untuk terhindar dari kutu rambut. Rasa gatal dan panas menjadi gejala utama serangan kutu rambut, maka dari itu, perhatikan kesehatan rambut Anda agar tak muncul kutu.
Penggunaan sisir juga tidak seharusnya dipakai bersama, gunakan sisir lain khusus diri Anda sendiri agar terhindar dari serangan kutu. Berbagai macam cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya bisa dijalankan dengan mudah, lakukan secara bertahap untuk mendapat hasil maksimal.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel