Terungkap 6 Khasiat dan Manfaat Terbaik Nangka

Gambar Buah Nangka
Jackfuruit merupakan sebutan populer nangka di Inggris. Daging buah nangka merupakan perkembangand ari tenda bunga. Saat masak, daging buah nangka  akan berwarna kuning keemasan, serta berbau harum, tekstur buah nangka kenyal, sedangkan kulitnya berduri, sehingga tampak mirip dengan buah durian. Bedanya, duri pada kulit durian lebih tajam daripada nangka. Buah nangka masak umumnya dipakai sebagai campuran untuk minuman seperti kolak. Sementara nangka yang masih muda digunakan untuk bahan masakan, termasuk masakan khas Yogyakarta, gudeg.

Kandungan & Senyawa Kimia

Biji nangka merupakan sumber karbohidrat (36,7 gr/100 gr), protein (4,2 gr/100 gr) dan energi (165 kkal/100 gr), sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang cukup potensial. Biji nangka juga termasuk sumber mineral yang baik. Mineral yang terkandung pada 100 gr biji nangka antara lain fosfor (200 mg), kalsium (33 mg), dan besi (1 mg). Selain bisa di makan dalam bentuk utuh, biji nangka juga bisa diolah menjadi tepung. Selanjutnya dari tepungnya dapat di hasilkan berbagai makanan olahan termasuk kuliner.

Keunggulan utama nangka masak di bandingkan nangka muda dan biji nangka adalah kadar vitamin A yang tinggi, yaitu  330 SI/100 gr daging buahnya. Vitamin A berperan dalam menjaga kornea mata agar selalu sehat. Di samping itu, nangka juga mengandung vitamin C dan B Kompleks. Mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, seng, besi, magnesium, selenium, dan tembaga, juga terdapat pada buah nangka. Kandungan kalium pada buah nangka masak juga tergolong tinggi, yaitu mencapai 303 mg/100 gr. Mengomsumsi kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Khasiat dan Manfaat Nangka

Beberapa khasiat nangka yang dapat Anda rasakan, adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Buah nangka termasuk sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan fungsi sel darah putih.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Buah yang kaya akan kalium ini baik untuk mengontrol tekanan darah sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, nangka mampu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

3. Melindungi Tubuh Dari Kanker
Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignin, isoflavon,d an saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya sel kanker.

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Nangka memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi, yang baik untuk menjaga  dan memelihara kesehatan kulit.

5. Menambah Energi
Buah nangka mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa, yang memberi energi pada tubuh.

6. Mengoptimalkan Fungsi Tubuh
Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, zat besi, vitamin B6, niacin,d an asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Selain buahnya, biji nangka juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit campak. Caranya, rebus 10 biji buah nangka dalam periuk tanah sampai mendidih. Saring air rebusan tersebut dan tiriskan. Ramuan siap untuk diminum. Minum ramuan sehari 2 kali, tiap pagi dan sore.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel