7 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

7 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah
Mempunyai rambut indah merupakan dambaan setiap wanita dibelahan dunia manapun. Memiliki rambut yang indah dapat menunjukkan bahwa wanita tersebut mempunyai kepedulian terhadap tubuhnya sendiri. Namun, sebagian orang percaya bahwa rambut yang cantik dan sehat memerlukan biaya yang tidak sedikit pula. Nyatanya, cara merawat rambut secara alami dapat dilakukan secara sederhana dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Mari simak uraiannya berikut.

Cara Merawat Rambut Secara Alami dan Mudah
Merawat rambut tidaklah harus merogoh kocek yang dalam. Di era yang semakin modern ini, banyak orang justru menyukai sesuatu yang alami. Tak sedikit pula produk perawatan rambut menawarkan produk berbahan dasar alami dengan embel-embel back to nature yang membuat banyak orang tergiur untuk membeli. Harga produk yang sedemikian rupa umumnya cukup mahal menilik dari proses yang tidak mudah untuk mempertahankan kealamian bahan yang dipakai. Oleh sebab itu, merawat rambut dengan bahan-bahan yang banyak dijumpai tentunya lebih mudah dan murah. Lalu, bahan-bahan apa sajakah yang dapat digunakan sebagai cara merawat rambut secara alami? Mari kita simak ulasannya.

1.    Telur
Telur merupakan satu dari sekian banyak bahan alami yang mudah didapat dan memiliki khasiat yang bagus. Kuning telur yang kaya akan lemak dan protein merupakan pelembab alami. Sedangkan putih telur yang mengandung enzim pemakan bakteri dapat berperan sebagai penghilang minyak berlebih pada rambut.

Cara pakai: Untuk rambut normal, gunakan seluruh bagian telur untuk melakukan perawatan. Jika rambut Anda adalah tipe rambut yang menghasilkan banyak minyak, gunakan putih telur saja; dan gunakan bagian kuning telur saja untuk Anda yang memiliki masalah  dengan rambut kering dan rapuh. Gunakan telur secukupnya sesuai volume rambut dan area kulit kepala Anda. Cara merawat rambut secara alami menggunakan telur ini dapat dilakukan dengan cara mengaduk rata seluruh telur atau bagian dari telur (kuning atau putih telur) dan usapkan secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan dalam waktu 20 menit dan bilas menggunakan air serta gunakan shampo untuk menghilangkan amis. Lakukan setiap satu bulan sekali untuk seluruh bagian telur atau kuning telur dan lakukan setiap dua minggu sekali untuk bagian putih telur.

2.    Plain Yogurt
Produk-produk yang digunakan pada tatanan rambut atau hair styling dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Polusi udara pun dapat menjadikan rambut dalam kondisi yang serupa. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh siapapun. Cara ampuh mengatasi kerusakan ini adalah dengan menggunakan plain yogurt atau yogurt yang rasanya hambar. Kandungan plain yogurt berupa lactic acid atau asam laktat dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut dengan baik. Sementara minyak susu yang ada dapat memberikan kelembaban pada rambut yang rusak.

Cara pakai: Basahkan sedikit rambut Anda dan ratakan plain yogurt secukupnya pada rambut dengan memijat perlahan. Biarkan  selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat terlebih dahulu dan diikuti dengan air dingin setelahnya. Bilaslah secara bersih menggunakan shampo. Perawatan ini dapat dilakukan setiap minggunya dan merupakan cara merawat rambut secara alami yang terbilang sederhana.

3.    Madu
Selain enak dan memiliki manfaat jika dikonsumsi, madu merupakan pemanis alami yang juga memiliki manfaat untuk rambut. Jika Anda memiliki rambut kering atau rusak karena sinar matahari, penggunaan madu untuk merawat rambut dalam kondisi yang demikian mungkin saja bisa membantu.

Cara pakai: Pastikan rambut Anda dalam keadaan bersih. Pertama-tama, basahkan sedikit rambut Anda dan aplikasikan madu di seluruh rambut dengan memijat secara perlahan. Biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat. Jika madu sulit diaplikasikan pada rambut, tambahkan minyak zaitun (olive oil) sebanyak 1 sampai 2 sendok dan campurkan secara merata. Cara tersebut dapat memperbaiki rambut kering Anda. Selain itu, perawatan lainnya dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak parah karena sinar matahari. Caranya adalah dengan menambahkan 1 sampai 2 sendok makan alpukat atau kuning telur yang kaya akan protein sebagai campuran madu. Untuk seterusnya, lakukanlah cara yang sama seperti di atas. Perawatan ini dapat dilakukan setiap satu bulan sekali.

4.    Lidah Buaya
Penggunaan lidah buaya sudah dikenal baik sebagai cara merawat rambut secara alami untuk rambut. Pengaplikasiannya dapat membawa manfaat untuk merawat rambut kering atau rusak. Selain itu, rambut yang tampak bersinar dan tebal juga dapat dirasakan manfaatnya.
Cara pakai: Untuk mendapatkan perawatan pada rambut kering atau rusak, Anda dapat memanfaatkan daging yang berupa gel pada lidah buaya. Gunakan bagian ini sebagai pengganti conditioner yang Anda gunakan biasanya. Cukup ratakan ke seluruh rambut dan tunggu selama 1 sampai 2 menit sebelum membilasnya sampai bersih. Sementara untuk mendapatkan hasil maksimal, diamkan selama 30 menit setelah diratakan pada rambut dan bilaslah sampai bersih. Untuk cara yang satu ini, Anda dapat melakukannya dalam setiap kesempatan.

5.    Lemon
Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman, lemon dapat digunakan sebagai cara merawat rambut secara alami untuk rambut kering dan rusak.
Cara pakai: Peras lemon dan aplikasikan perasan lemon tersebut pada rambut setelah keramas. Cukup tuangkan satu sendok makan perasan lemon pada rambut Anda sesaat setelah bilasan terakhir dan biarkan kering dengan sendirinya.

6.    Alpukat
Selain enak dikonsumsi sebagai makanan yang kaya akan protein, buah alpukat dapat digunakan untuk merawat rambut. Kandungan minyak pada alpukat serta protein yang dikandungnya merupakan kombinasi yang sempurna untuk menghaluskan dan menata rambut yang sulit diatur.
Cara pakai: Tumbuk alpukat secukupnya sesuai dengan volume rambut Anda. Pastikan rambut dalam keadaan bersih, lalu basahkan sedikit dengan air dan usap lembut alpukat yang telah ditumbuk ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya menggunakan air. Lakukanlah berulang setiap dua minggu sekali agar mendapatkan rambut cantik yang diinginkan.

7.    Minyak Kelapa
Masker tidak hanya dibutuhkan oleh muka saja. Rambut pun memerlukan masker untuk menjaga kecantikannya. Untuk masker rambut, minyak kelapa dapat dijadikan pilihan.

Cara pakai: Cairan minyak kelapa diratakan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama kurun waktu 40 sampai 60 menit. Hal ini dimaksudkan untuk membuatnya meresap ke dalam rambut dan membuatnya bekerja dengan sempurna. Anda bisa gunakan handuk untuk menutupnya agar tidak mengotori baju. Bilaslah sampai bersih setelah penggunaan. Penggunaan masker rambut ini merupakan cara merawat rambut secara alami dan baik digunakan seminggu sekali atau sekali saja dalam dua minggu jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang.

Demikianlah 7 tips cara merawat rambut secara alami dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai di sekitar Anda. Terlepas dari semua poin di atas, minum air putih yang cukup dan makan makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk terhindar dari berbagai masalah yang menghinggapi rambut Anda. Perlu diketahui juga bahwa apa yang Anda konsumsi dapat tercermin dari penampilan luar, maka bijaksanalah dalam mengonsumsi asupan makanan untuk tubuh.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel