7 Cara Melembutkan Rambut Ini Paling Aman dan Tahan Lama

Cara Melembutkan Rambut Alami Yang Aman dan Sehat
Memiliki rambut lembut dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Dengan mempunyai rambut yang lembut, maka akan terpancar keindahan rambut serta memiliki kemilau rambut. Rambut lembut juga sebagai tanda rambut yang dimiliki masuk ke dalam kategori sehat. Dengan memiliki rambut lembut serta berkilau tentu akan membuat penampilan jadi makin percaya diri dan merasa senang memilikinya. Rasa nyaman juga selalu dirasakan diamanapun berada. Namun, bagaimana cara untuk mendapatkannya memang tidaklah mudah. Apapun dilakukan untuk membuat rambut menjadi lembut dan juga berkilau. Bahkan, cara-cara yang digunakan bersifat instan. Salah satu contohnya adalah menggunakan beragam produk kecantikan yang sebenarnya banyak mengandung bahan kimia. Padahal, produk ini sebenarnya tidak menjadikan rambut jadi lebih baik. Sebaliknya, hanya akan menimbulkan efek buruk yang kadang berkepanjangan. Dengan demikian, cara melembutkan rambut paling baik yaitu menggunakan produk dari bahan alami.

Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

1. Pisang dan Madu
Cara pertama untuk membuat rambut jadi lebih lembut menggunakan campuran dari bahan pisang ditambah dengan madu. Dengan memberikan kedua campuran bahan tadi, maka akan memberikan nutrisi ke rambut sehingga rambut yang awalnya tidak lembut menjadi lebih lembut setelah diberikan perawatan yang terbuat dari campuran kedua bahan. Cara membuat:
  1. Ambil buah pisang seperlunya.
  2. Lumat hingga halus.
  3. Tambah satu sendok makan madu.
 Lakukan keramas terlebih dahulu, sebelum mengoleskan campuran bahan tadi ke rambut. Jadikan pisang dan madu sebagai masker. Setelah dioleskan ke rambut, tunggu hingga 20 menit agar meresap. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. Cara Melembutkan Rambut dengan bahan ini dipercaya dapat membuat rambut jadi lebih lembut dan membuatnya lebih berkilau.

2. Lidah Buaya
Cara kedua untuk melembutkan rambut yang bisa dilakukan adalah menggunakan bahan alami lidah buaya. Tanaman unik ini memang terkenal sangat berkhasiat di dalam menjaga keindahan serta kesehatan rambut. Bahan ini memang dipercaya bisa melembutkan rambut. Kandungan yang ada di dalam tanaman lidah buaya memang memiliki banyak manfaat bagi rambut. Cara melembutkan rambut dengan tanaman lidah buaya adalah sebagai berikut:
  1. Ambillah lidah buaya.
  2. Kupas, kemudian ambil dagingnya yang menyerupai gel.
  3. Letakkan gel tadi pada sebuah tempat.
  4. Lumatkan daging lidah buaya, bisa menambah air sedikit.
  5. Gunakan lidah buaya sebagai masker.
  6. Oleskan ke rambut secara menyeluruh.
  7.  Lalu, tunggu hingga 30 menit.
  8. Bilas dengan air hingga bersih.
Gunakan lidah buaya sebagai masker. Penggunaan lidah buaya secara teratur mampu membuat rambut jadi semakin lembut. Hal ini karena adanya kandungan enzim yang ada di dalam tanaman lidah buaya.

3. Alpukat
Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk melembutkan rambut adalah menggunakan alpukat. Bahan ini juga terbukti ampuh melembutkan rambut. Manfaat lain dari buah alpukat selain untuk melembutkan rambut adalah membuat rambut jadi lebih harum. Cara melembutkan rambut dari alpukat adalah sebagai berikut:
  1. Ambil 1 buah alpukat ukuran sedang dan sudah matang.
  2. Ambil dagingnya, lumat hingga halus.
  3. Gunakan alpukat sebagai masker bagi rambut.
  4. Tunggu 1 jam supaya meresap.
  5. Bilaslah rambut menggunakan air sampai bersih.
Gunakan alpukat sebagai perawatan rambut dalam waktu satu minggu. Dengan demikian, hasil maksimal akan didapatkan.
Cara Melembutkan Rambut Yang Tahan Lama
4. Lemon atau Jeruk Nipis
Lemon dan jeruk nipis bisa dijadikan bahan untuk membuat rambut jadi lembut. Di dalam lemon serta jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sedangkan jenis vitamin ini memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Tidak hanya melembutkan, kedua bahan tadi juga bisa membuat rambut jadi lebih berkilau. Cara melembutkan rambut menggunakan lemon atau jeruk nipis:
  1. Peras lemon atau jeruk nipis.
  2. Ambil airnya.
  3. Campurkan dengan air yang akan digunakan untuk keramas.
5. Minyak Jarak
Minyak jarak ternyata juga dapat digunakan sebagai perawatan untuk membuat rambut jadi lembut. Tidak hanya itu, minyak jarak bisa membuat rambut jadi tebal dan hitam. Asam risinolat tinggi yang terdapat di dalam minyak jarak berfungsi sebagai anti-jamur dan anti-bakteri. Sehingga, minyak jarak bisa menjaga kebersihan mulai dari akar rambut hingga ke bagian rambut yang lain.

Selain kandungan asam risiolat, di dalam minyak jarak juga terdapat asam lemak dan omega 3. Asam lemak sendiri berkhasiat sebagai sumber dari nutrisi pada folikel rambut. Dengan nutrisi tadi, bisa mengatasi permasalahan kerontokan pada rambut. Bila perawatan dilakukan dengan teratur, maka akan menjadikan rambut jadi makin lembut, kuat dan mudah untuk diatur. Cara melembutkan rambut menggunakan minyak jarak:
  1. Hangatkan minyak jarak sebanyak 100 ml.
  2. Sesudah hangat, gunakan ke rambut sambil melakukan gerakan pijatan yang ringan hingga ke kulit kepala.
  3. Rapikan rambut, kemudian bungkus dengan handuk atau gunakan kain hangat.
  4. Diamkan dalam waktu 30 menit.
  5. Cuci rambut menggunakan sampo.
  6. Bilas dengan air hingga bersih.
6. Cara melembutkan rambut Menggunakan Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang khasiatnya sudah tidak diragukan untuk kecantikan, baik wajah dan juga kulit. Ternyata ada khasiat lain dari minyak yang asalnya dari Arab ini yaitu mempunyai fungsi untuk melembutkan rambut. Kandungan vitamin E dan mineral yang ada di dalam minyak zaitun cukup tinggi sehingga bisa membuat rambut jadi lebih halus dan lembut.

Selain manfaat yang telah disebutkan tadi, minyak zaitun juga berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut, oleh karena itu bisa mencegah rambut jadi kering. Minyak zaitun berguna di dalam pencegahan pada kerusakan rambut dan membuat rambut jadi lebih halus. Dengan demikian, minyak zaitun mempunyai banyak manfaat terutama bagi berkegiatan diluar ruangan yang menyebabkan rambut sering kena paparan sinar matahari. Cara untuk mengaplikasikannya:
  1. Ambil minyak zaitun secukupnya.
  2. Aplikasikan ke rambut mulai pangkal hingga ke ujung.
  3. Tunggu 10 menit.
  4. Cuci rambut dengan sampo.
  5. Bilas dengan air hingga bersih.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan langkah diatas sekali dalam seminggu.

7. Melembutkan Rambut Menggunakan Minyak Kelapa
Minyak kelapa mempunyai manfaat untuk membuat rambut jadi lembut dengan cara alami. Bahan alami ini juga mempunyai khasiat selain melembutkan rambut, yaitu menjaga kelembabannya. Ada banyak nutrisi yang dikandung oleh minyak kelapa diantaranya, asam laurat, lemak esensial, asam kaprat, vitamin K dan E, dan bahan antimikroba jenis tertentu. Fungsi lain dari bahan alami ini untuk rambut adalah mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, menguatkan folikel pada rambut, mencegah rambut kering serta bercabang. Berikut adalah cara untuk melembutkan rambut menggunakan minyak kelapa:
  1. Ambil minyak kelapa secukupnya.
  2. Usap pada rambut mulai dari pangkal hingga ke ujung rambut.
  3. Sembari mengusap, lakukan pemijatan secara perlahan.
  4. Lalu, diamkan 10-15 menit.
  5. Bilas dengan air, kemudian lakukan keramas dengan sampo.
Demikian cara melembutkan rambut dengan menggunakan bahan alami. Semoga ulasan ini bermanfaat.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel