Anak Banyak Aktifitas, Perlukah diberi Vitamin?

tips mencegah anak-anak sakit

Anak Banyak Aktifitas, Perlukah diberi Vitamin? – Anak-anak usia sekolah biasanya selain memiliki aktifitas bermain dengan teman-temannya juga sudah memiliki banyak kegiatan di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler seperti drum band, pramuka, les, dan lainnya membuat mereka memiliki banyak aktifitas. Sebagai orang tua sudah sewajarnya menginginkan anak-anak selalu sehat dan ceria. Namun banyaknya aktifitas yang dilakukan tidak jarang memberikan rasa khawatir bagaimana jika anak jatuh sakit dan kekhawatiran lainnya. Adakalanya juga bertanya-tanya perlukah diberi asupan vitamin tambahan atau suplemen lainnya. baca juga: Maksimalkan Tinggi Anda Dengan 5 Vitamin Penting Ini

Penyebab Gampang Sakit

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu biasanya anak-anak mudah sakit karena daya imunitas tubuh anak menurun. Sehingga bakteri maupun virus penyebab penyakit pun mudah menyerang. Anak-anak pun bisa terkena diare, flu, batuk maupun demam. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi tiba-tiba dari panas menjadi hujan deras juga berpengaruh terhadap menurunnya daya tahan tubuh anak yang masih dalam proses perkembangan.

Cara Pencegahan

Agar anak-anak tidak mudah sakit meskipun memiliki banyak aktifitas, ada beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan seperti yang disampaikan SMF Ilmu Kesehatan Anak, RSU Haji Surabaya, dr. Abdul Rohim SpA, berikut ini : 

  • Perhatikan pola makan teratur. Berikan dan ingatkan anak-anak untuk selalu makan teratur. Sarapan, makan siang maupun makan malam.
  • Perhatikan kecukupan gizi yang diperlukan. Pemberian menu makanan pun tidak sekedar hanya asal kenyang namun perlu diperhatikan kebutuhan gizi. Mulai dari karbohidrat, lemak, protein, serat, maupun vitamin. Jadi perlu keseimbangan antara menu daging, ikan, tahu, tempe, sayuran maupun buah-buahan.
  • Hindari jajan sembarangan. Apabila ke sekolah pastikan mereka tidak jajan sembarangan. Pada sekolah-sekolah tertentu biasanya memiliki kantin sekolah, pastikan kebersihannya sehingga apabila mereka ingin jajan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun ingatkan untuk tidak jajan sembarang di pinggir jalan yang belum diketahui kebersihan maupun bahan makanan tersebut. 
  • Cukup Istirahat dan Tidur. Nah, selain di luar kegiatan yang dilakukan pastikan anak-anak tidur cukup dan tidak terlalu malam.
  • Membiasakan melakukan olahraga. Meskipun di sekolah anak-anak telah memperoleh pelajaran olahraga namun biasakan untuk mengajak mereka berolahraga setidaknya seminggu sekali di hari minggu. Joging, jalan kaki, bersepeda dan lainnya. Tidak hanya membuat badan sehat tetapi juga menjadi semakin dekat dengan anak-anak.
  • Membiasakan untuk cuci tangan dan mandi. Setiap pulang sekolah, bermain atau beraktifitas lainnya biasakan anak-anak mencuci tangan dan kaki ketika berada di rumah. Begitu pula sebelum dan sesudah makan. Mandi pagi dan sore hari juga harus rutin dilakukan sehingga terjaga kebersihan badannya.

Kapan diberikan suplemen vitamin?

Sumber vitamin dan nutrisi lainnya adalah makanan. Apabila anak mudah sekali makan apapun sumber makanan baik sayuran maupun buah tentu tidak ada yang dikhawatirkan. Lain halnya ketika anak-anak hanya suka mengonsumsi ayam atau ikan saja tetapi tidak suka sayur maupun buah. Nah, saat inilah vitamin tambahan perlu diberikan. Namun sebelumnya perlu kiranya berusaha selalu memperkaya jenis makanan dan mereka pun tidak pilih-pilih makanan. Sehingga pemberian asupan vitamin tambahan pun tidak perlu diberikan. baca juga: Tips Praktis dan Ampuh Obati Sariawan

semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel