Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya

mengenal penyakit jantung
Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya – Berdasarkan data dari Worl Heart Federation disebutkan bahwasanya di seluruh dunia setidaknya terdapat 17,3 juta kematian yang disebabkan karena penyakit jantung dan pembuluh darah. Seiring dengan gaya hidup dewasa ini, jumlah orang yang menderita penyakit di usia produktif maupun wanita semakin bertambah. Penyakit jantung bisa terjadi ketika ada anggota keluarga atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung. Selain itu bisa disebabkan karena memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi, kadar kolesterol jahat tinggi, obesitas, memiliki kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol serta tidak memiliki aktifitas fisik yang rutin dilakukan. baca juga: Denyut nadi normal

Waspada Serangan Jantung!

Serangan jantung merupakan bagian dari penyakit jantung. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tiba-tiba berhenti. Hal ini bisa dikarenakan terjadinya penyempitan maupun penebalan pembuluh darah. Itulah mengapa perlu mencegah tingginya kolesterol jahat, trigliserida maupun mencegah obesitas. Ketika aliran darah berhenti, membuat jantung tidak bisa memperoleh oksigen yang cukup sehingga terjadilah serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian. baca juga: Tahukah Anda Bahaya di balik Minuman Berenergi?

Kenali Gejala Serangan Jantung

Gejala serangan jantung pada pria berbeda dengan serangan jantung yang terjadi pada wanita. 
  • Serangan jantung pada pria biasanya dada bagian sebelah kiri tiba-tiba terasa nyeri. Nyeri tersebut kemudian menjalar pada lengan kiri.
  • Serangan jantung pada wanita biasanya kurang bisa terdeteksi. Karena nyeri yang terjadi pada dada biasanya timbul tenggelam. Rasa nyeri yang dirasakan dada seperti ditekan benda yang berat. Rasa nyeri tersebut dirasakan beberapa menit kemudian hilang. Kemudian pada salah satu atau kedua lengan, punggung, leher, maupun rahang terasa nyeri yang tidak jelas penyebabnya. Rasa nyeri yang dirasakan seperti diikat tali yang kuat. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak banyak yang mengetahui bahwasanya jantung manusia berdetak dalam sehari sebanyak 100 kali dan pada jantung wanita berdetak lebih cepat dibandingkan detak jantung pria. Jantung memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Jadi menjaga kesehatan merupakan upaya untuk mencegah terkena penyakit jantung. artikel lainnya: Cara Mudah Kendalikan Kolesterol Tinggi
  • Setidaknya ketika selalu menjaga pola hidup sehat bisa  menghindarkan dari penyakit jantung. Rutin melakukan olahraga sehingga peredaran darah dan oksigen tetap lancar. Mencegah tingginya kolesterol jahat, jaga berat badan dan tekanan darah.
  • Tidak mero*kok disebutkan mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dua hingga empat kali lipatnya. Mengurangi atau berhenti sama sekali dari merokok mungkin harus dilakukan.
  • Menggosok gigi secara rutin pagi dan malam menjelang tidur. Apa hubungan gigi dan penyakit jantung? Pasalnya bakteri yang ada pada mulut ternyat bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Jadi jangan malas menggosok gigi.
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel