BAB Lancar, Pencernaan Sehat

solusi susah buang air besar
BAB Lancar, Pencernaan Sehat – Salah satu tanda bahwa Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat tentu saja melakukan buang air besar (BAB) dengan lancar dan mudah. Lancar artinya setiap hari melakukan BAB dan mudah artinya untuk mengeluarkannya tidak terlalu lama mengejan, tidak keras dan tidak mengeluarkan darah. BAB sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tetapi paling bagus adalah saat pagi hari. Berkisar pukul 8 pagi dikatakan sebagai waktu paling bagus untuk BAB meksipun kita tidak bisa membuat jadwal kapan akan melakukan BAB. baca juga: Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Mengapa pagi hari dikatakan sebagai waktu paling pas untuk BAB? Karena sesuai dengan waktu biologis yang dimiliki manusia, maka tubuh perlu mengatur berbagai organ di dalamnya termasuk saluran pencernaan. Nah, berdasarkan siklus 24 jam tubuh gerakan usus akan meningkat saat pagi dan saat malam hari akan ditekan. Sehingga berdasarkan gerakan usus yang paling tinggi maka sisa-sisa metabolisme tubuh pun akan keluar melalui proses BAB. Apabila proses tersebut terganggu maka sistem pencernaan juga ikut terganggu dimana orang biasanya akan mengalami gangguan seperti diare atau justru susah BAB atau sembelit.

Mengapa perlu melakukan BAB? Karena melalui proses BAB inilah sisa-sisa makanan yang tercerna dikeluarkan. Selain itu limbah atau racun yang kurang baik bagi tubuh dikeluarkan. Itulah mengapa saat BAB kurang lancar atau justru mengalami diare harus segera diatasi.

Saat BAB kurang lancar bisa jadi di dalam tubuh kekurangan cairan sehingga kemampuan usus besar untuk melakukan kontraksi menurun. Bisa juga karena kekurangan serat. Jika tidak segera diatasi, kesulitan mengeluarkan tinja akan menyebabkan hemoroid atau wasir atau ambeien. Dimana bibir anus mengalami pembengkakan dan jika sedang meradang bisa berdarah. baca juga: Mengenal Makanan dan Minuman yang Melancarkan BAB Si Kecil

Jika BAB Kurang Lancar, maka.....

  • Perbanyak minum air putih. Agar lebih mudah BAB di pagi hari tidak ada salahnya mencoba minum setengah hingga segelas air putih hangat setelah bangun tidur. Kemudian saat siang hari juga perlu banyak minum.
  • Konsumsi makanan berserat. Seperti buah-buahan dan sayuran. Selalu masukkan menu sayur dengan serat tinggi misalnya wortel, kubis, brokoli, bayam, dan sebagainya. Buah pepaya dan tomat juga sangat baik untuk memelihara sistem pencernaan.
  • Jauhi minuman berkafein saat susah buang air besar. Kafein memang membuat orang ingin BAB tetapi kafein juga menyerap cairan sehingga kotoran justru keras dan sulit untuk dikeluarkan.
Jadi, apabila ingin mengetahui apakah sistem pencernaan dalam keadaan sehat bisa dilihat dari frekuensi BAB setiap harinya. Apakah lancar setiap hari dan apakah mudah mengeluarkannya. Jika tidak, mungkin Anda perlu memperbaiki pola makan setiap harinya.
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel