Epilepsi Pada Anak dan Penanganannya

Epilepsi merupakan jenis penyakit yang biasanya juga dikenal dengan penyakit ayan
Epilepsi Pada Anak dan Penanganannya - Epilepsi merupakan jenis penyakit yang biasanya juga dikenal dengan penyakit ayan. Penyakit ini menyerang saraf yang secara menahun (kronis). Seorang anak yang mengalami epilepsi tampak tegang, kejang-kejang, dan keluar busa dari mulut saat terjadi serangan. Jika tidak segera ditolong maka bisa saja si anak melukai diri sendiri seperti menggigit lidah atau bibir mereka.

Penyebab Epilepsi

Sampai saat ini penyebab pasti dari epilepsi belum diketahui, namun ada beberapa hal yang ditengarai bisa memicu timbulnya epilepsi, yakni:
  • Cedera kepala saat proses kelahiran bayi.
  • Adanya luka di kepala yang kemudian mengganggu fungsi otak.
  • Ada benturan di kepala sehingga membuat terganggunya sistem saraf di otak.
  • Adanya tumor di bagian kepala terutama otak.
  • Komsumsi alko*hol (biasanya dialami oleh orang dewasa).

Penanganan Terhadap Penderita Epilepsi

Pertolongan pertama perlu dilakukan kepada penderita epilepsi yang terkena serangan, minimal mulutnya diberi bantalan kain semacam handuk agar gigi-giginya tidak melukai diri sendiri. Selanjutnya apabila mengetahui anak mengalami serangan epilepsi, segera bawa ke dokter dan lakukan perawatan serta terapi secara berkala dan intensif. Epilepsi bukanlah penyakit keturunan dan tidak menular. Epilepsi juga bisa disembuhkan dengan terapi tepat dan penanganan yang penuh kasih sayang dari orangtua, dokter, dan orang lain di lingkungan sekitar Anak.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel