Mengenal Gejala Diabetes Pada Anak

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah dikarenakan adanya gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh. Pada penderita diabetes, ada kelainan pada organ pankreas, yaitu tidak mau memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh
Mengenal Gejala Diabetes Pada Anak - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah dikarenakan adanya gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh. Pada penderita diabetes, ada kelainan pada organ pankreas, yaitu tidak mau memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Akhirnya penderita memiliki banyak persendian glukosa sehingga seringkali merasa lemah. baca juga : obat alami diabetes

Gejala Diabetes pada Anak-Anak

Penyakit diabetes yang umumnya terjadi pada orang dewasa, ternyata bisa juga di derita oleh anak-anak. Diabetes yang terjadi pada anak-anak biasanya dikenal dengan diabetes tipe 1. Gejala-gejala yang timbul antara lain;
  • Anak menjadi sering buang air kecil – Intensitas buang air kecil anak-anak yang terserang diabetes biasanya lebih sering. Misalnya sehari sampai bisa lebih dari enam kali dan terutama di malam hari anak suka tiba-tiba ngompol berkali-kali.
  • Mudah haus karena seringnya buang air kecil sehingga anak juga sering minum – Oleh karena seringnya buang air kecil maka anak yang terserang diabetes menjadi sering pula minum. Jika si anak sulit minum justru yang terjadi adalah dehidrasi dan ini akan menyebabkan penyakit tambahan.
  • Berat badan berkurang – berat badan menjadi turun karena glukosa tidak bisa diubah menjadi energi sehingga untuk beraktivitas tubuh menggunakan energi yang diambil dari lemak sehingga badan anak cenderung turun terus.
  • Mudah lelah, letih, dan terlihat kurang bertenaga – anak yang terserang diabetes tampak lesu dan mudah lelah. Hal ini karena tubuh anak tidak mampu memproses glukosa untuk dijadikan energi.
  • Peningkatan kadar gula dalam darah yang bisa diketahui lewat cek laboratorium.

Penyebab dan Cara menangani Diabetes Pada Anak

Selama ini penyebab diabetes pada anak-anak terlebih diakrenakan faktor keturunan. Jika sewaktu mengandung ibu mengalami diabetes maka bayi yang dilahirkan berkemungkinan mengalami diabetes juga. Selain itu, penyebab lain adalah infeksi virus yang menyerang tubuh sehingga pankreas tak bisa memproduksi hormon insulin yang berarti terhambatnya pengolahan glukosa menjadi energi.

Penanganan Anak-anak yang terserang diabetes, antara lain sebagai berikut;
  1. Diabetes tipe 1 yang terjadi pada anak-anak tidak bisa dicegah. Pencegahan semenjak awal adalah dengan memelihara kesehatan saat si ibu hamil.
  2. Penanganan diabetes pada anak adalah dnegan memberikan makanan cukup serat serta bergizi.
  3. Memberikan perawatan intensif sesuai hasil konsultasi dengan dokter ahli, biasanya diberikan terapi hormon yang nahya bisa dilakukan oleh dokter.
  4. Rutin memeriksakan anak ke dokter dan cek gula darah untuk dapat dilakukan perawatan yang tepat.
  5. Rutin memeriksakan anak ke dokter dan cek gula darah untuk dapat dilakukan perawatan yang tepat.
  6. Memberikan cukup air minum agar anak tidak mengalami dehidrasi, serta menjalankan diet sesuai saran dokter.
  7. Mengajar anak menjalankan pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel