Tips Untuk Mengasah Kemampuan Anak

Tips Untuk Mengasah Kemampuan Anak - Asah merupakan saran untuk mepertajam kemampuan anak yang dilakukan orang tua atau atau pengasuh mereka. Mengasuh kemampuan disini bukan hanya kemampuan secara fisik saja, tetapi kemampuan anak secara menyeluruh. Kemampuan secara fisik, psikis, dan spiritual.

Mengasuh kemampuan disini bukan hanya kemampuan secara fisik saja, tetapi kemampuan anak secara menyeluruh. Kemampuan secara fisik, psikis, dan spiritual.


Berbagai Cara Mengasah Kemampuan Anak

Asah berhubungan dengan pola asuh yang dijalankan oleh orang tua. Ada berbagai cara mengasah kemampuan anak dan masing-masing orangtua memiliki alasan terbaik untuk menerapkannya pada anak-anak mereka. Namun, secara garis besar ada beberapa perlakuan orang tua yang secara sengaja maupun tidak ditujukan untuk mengasah kemampuan anak.

Mengasah dengan pembiasaan

Ala bisa karena biasa. Ungkapan tersebut sesuai bagi pertumbuhan kemampuan anak dalam melakukan hal-hal yang emmang seharusnya bisa dilakukan. Mengasah kemampuan dengan membiasakan si anak melakukan tugas tersebut membuat si anak tak merasa beban yang berat. Misalnya dengan membiasakan untuk membersihkan diri sendiri, mandi, cuci tangan, membersihkan diri setelah buang air, dan berpakaian. Jika hal-hal tersebut tidak dibiasakan tentu saja ke mampuan si anak kurang dapat berkembang dengan baik. Hanya saja, orangtua perlu mempertimbangkan usia dan kemasakan anak yang diberikan pembiasaan tersebut. Misalnya untuk bayi, tak mungkin mereka akan mandi sendiri. Ketika si anak sudah mampu memegang gayung, mampu mengusap tubuh dengan sabun, barulah pembiasaan itu diterapkan.

Mengasah dengan contoh

Cara mengasah kemampuan anak yang tak kalah menarik adalah dengan contoh. Sebagaimana banyak dibicarakan bahwa seorang anak adalah adalah selembar kertas putih saat dilahirkan. Orangtua dan pengasuhnya yang kemudian menulis serta memberikan warna di atas kertas tersebut sehingga tampak indah atau sebaliknya. Ada keterkaitan erat antara contoh yang diberikan oleh orangtua terhadap perlikau si anak. Jika ingin anak memiliki kemampuan dan kemampuan yang sesuai dengan budaya setempat, maka orangtua perlu memberikan contoh secara intens sebelum memerintahkan anak untuk melakukannya. Misal, orangtua memberikan contoh cara shalat setiap waktu kepada balita mereka. Saat balita telah memiliki kemampuan untuk meniru gerakan shalat orangtuanya, maka ia akan melakukannya di belakang orangtua. Demikian pula saat balita sudah bicara ia akan turut menghafal doa yang dilantunkan oleh orangtuanya.

Mengasah dengan latihan

Mengasah dengan memberikan latihan dapat dilakukan untuk anak-anak yang telah cukup mengerti, misalnya di atas usia 7 tahun atau telah duduk di bangku Sekolah Dasar. Latihan yang intens dibidang tertentu akan membuahkan hasil yang maksimal di bidang tersebut. Misalnya seorang anak yang suka menyanyi, dengan berlatih setiap dua hari sekali maka kesukaannya tersebut bisa bertambah menjadi kepiawaian. Demikian juga dengan latihan dibidang lainnya.

Mengasah dengan kompetisi

Pada puncak cara mengasah, orangtua bisa memikirkan untuk mengajak anak berkompetisi dengan sehat. Setelah anak cukup mampu menguasai satu bidang yang bisa diandalkan, maka ikutkanlah mereka dalam kompetisi yang ada disekitar. Misalnya mengikutkan si kecil untuk lomba menggambar karena disa suka dan telah berlatih dengan tekun. Memberi pengertian tentang kompetisi yang tidakharus berakhir dengan kemenangan, tetapi perlu adanya sikap sportif juga merupakan tugas orangtua agar anak-anaknya berkembang dengan wajar dan baik.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Tips Untuk Mengasah Kemampuan Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel