Anda Mengalami Luka Bakar dan Melepuh? Baca Tips Ini

Kebanyakan terbakar minor terjadi di rumah - sebagai contoh, setelah memegang kompor panas atau terkena air panas. Kulit jadi merah dan terasa nyeri. Terbakar yang lebih dalam cenderung melepuh, bengkak serta nyeri. Terbakar parah, yang merusak lapisan kulit lebih dalam bahkan lemak dan saraf dibawahnya, tampak abu-abu dan gosong. Mungkin tak terasa nyeri lagi. Ini menyebabkan hilangnya cairan dan bisa membuat shock.

Untuk luka bakar kecil maupun serius. Penting bertindak cepat untuk menyelamatkan korban dan mengurangi rasa panas akibat terbakar.

Untuk luka bakar kecil maupun serius. Penting bertindak cepat untuk menyelamatkan korban dan mengurangi rasa panas akibat terbakar.

Terbakar Parah

  • Pindahkan korban jauh dari sumber panas secepat yang Anda bisa.
  • Lakukan segera langkah untuk mendinginkan luka bakar (lihat teknik praktis)
  • Periksa korban dengan teliti untuk melihat tanda-tanda shock dan rawat jika perlu, jika penderita pingsan, lakukan CPR.

Terbakar Kecil/Minor

  • Lakukan langkah cepat mendinginkan luka terbakar.
  • saat luka membaik, jangan pencet lepuh yang muncul. Gunakan parasetamol atau ibuprofen jika luka bakarnya tetap nyeri.
  • Jika gatals elama proses penyembuhan, bubuhkan pelembab untuk menyejukkan kulit dan mencegah kekeringan.

Teknik Praktis Mendinginkan Luka Bakar

Ikuti langkah berikut untuk mendinginkan luka bakar segera. Lakukan pada luka bakar minor dan lebih serius selagi menunggu bantuan.
  1. Pegang daerah yang terbakar di bawah air dingin mengalir sekurangnya 10 menit. Jika air tidak ada, gunakan cairan dingin tak berbahaya seperti susu atau minuman kaleng. Jangan gunakan es.
  2. Selagi luka terasa lebih dingin, perlahan buka benda yang bisa menekan area ini jika mulai bengkak, seperti baju, perhiasan, jam, ikat pinggang, atau sepatu. Jangan coba membuka baju atau material yang menempel pada kulit yang terbakar. Potong sekitar luka bakar dan minta bantuan medis.
  3. Keringkan daerah luka. Jangan bubuhkan krem atau lotion di atas luka bakar. Tutupi dnegan ksa steril yang tak lengket atau kain yang bersih tidak berbulu, dan perban dnegan tak terlalu ketat.

 

Peringatan 

Panggil ambualns jika terbakar dekat mulut atau tenggorokan, atau sangat dalam, atau ada tanda shock masalah pernafasan, atau korban tak sadarkan diri.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Anda Mengalami Luka Bakar dan Melepuh? Baca Tips Ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel