Tips Mengatasi Cradle cap ( Kerak di Kepala ) Pada Anak

Tips Mengatasi Cradle cap ( Kerak di Kepala ) Pada Anak
Tips Mengatasi Cradle cap ( Kerak di Kepala ) Pada Anak - Sisik atau kerak tebal, kekuningan, dikenal juga dengan istilah cradle cap kadang terjadi di kulit kepala bayi di beberapa bulan awal. Kulitnya memerah, dan sisik kadang menyebar ke dahi dan belakang telinga bayi. Jika bayi punya rambut, Anda bisa perhatikan ini seperti ketombe. Tak ada penyebab khusus dan biasanya tak mengganggu bayi. Bagaimanapun, kepala bayi yang bersisik tebal tampak tidak menyenangkan. Biasanya kondisi ini menghilang saat bayi berusia 1 tahun.

Meskipun cradle cap cenderung bersih dengan sendirinya, lakukan langkah berikut untuk mencegah penumpukan sisik dan memperbaiki penampilan kulit kepala bayi.
  • Cuci kepala bayi setiap hari dengan sampoo bayi yang lembut, bilas bersih dengan air hangat, kemudian keringkan dengan lembut menggunakan handuk yang halus.
  • Setelah mencuci rambut bayi, sikat rambut dan kulit kepalanya dengan sikat bayi yang lembut untuk melepaskan sisiknya. Ini bisa menghilangkan cradle cap yang dingan dan mencega timbul kembali.
  • Pijat lebut kulit bayi dengan minyak untuk mengurangi sisik atau kerak yang tebal.
  • Cradle cap yang lebih bandel, coba gunakan shampoo khusus bayi yang megandung coal tar dan salycid acid.
  • Jangan coba menarik sisik karena bisa menyebabkan luka di kepala bayi Anda dan menimbulkan rasa sakit.

Teknik Praktis Perawatan dengan Minyak

Pijatkan minyak zaitun atau baby oil ke kulit kepala bayi dengan jari Anda akan merontokkan sisiknya. Anda bisa membiarkan minyak beberapa jam atau sepanjang malam, kemudian cuci sesudahnya. Saat rambut bayi sudah kering, perlahan sikat rambut dan kulit kepala dengan sikat halus, dan sisik akan berjatuhan. Menyikat setiap hari akan menghentikan terbentuknya kembali sisik.

Segera kunjungi dokter Anda jika cradle cap tidak membaik setelah beberapa minggu mendapatkan perawatan di rumah, sisiknya menyebar ke area lain seperti di leher, ketiak atau selangkangan bayil, atau bercak, kulit kepala di bawah sisik menjadi sangat merah dan mengeluarkan cairan.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel