Pertolongan Pertama Kulit Melepuh

Pertolongan Pertama Kulit Melepuh - Lepuh pada kulit seringkali terjadi pada area kaki dan tangan, lepuh terjadi karena gesekan atau tekanan. Pertama kulit merah, dan luka, kemudian cairan menumpuk di bawah permukaan kantong kulit yang empuk. Anda mungkin mengalami lepuh di tumit, telapak kaki, atau jari kaki akibat gesekan atau mengenakan sepatu yang tidak pas atau baru. Lepuh sering akibat pekerjaan manual. Sebagian besar lepuh segera hilang; saat kulit baru dibawahnya tumbuh, cairannya di serap dan kulit kembali kering serta terkelupas.



Apa yang dapat Anda lakukan, jika mengalami lepuh pada kulit ? Gunakan prosedur berikut ini untuk mengobati lepuh. Melindungi dari gesekan dan friksi akan membantu dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Jangan mengeluarkan nanah atau menarik kulit diatasnya. Kulit membantu melindungi dari infeksi.
  • Bersihkan dan keringkan lepuh, lindungi dengan plester (lihat teknik praktis).
  • Jika lepuhnya meletus, jangan tarik kulitnya. Bersihkan, keringkan, dan perban, seperti diatas dan ganti setiap hari hingga sembuh. Biarkan kulitnya terbuka di malam hari agar cepat mengering.

 

Teknik Praktis Mengobati Lepuh

  • Obati dengan lembut untuk menghindari pecahnya kulit dan keringkan untuk mengurangi infeksi, berikut langkah-langkah-nya.
  • Cuci bersih lepuh dengan air bersih, perlahan tepuk dengan kapas hingga kering.
  • Tutupi lepuh dengan plester lebih lebar dari lukanya. Atau gunakan perban hydrocolloida yang menyerap cairan dan melindunginya. Untuk lepuh yang lebih besar gunakan kasa steril yang ditahan dengan plester.

Pencegahan – Tips berikut ini akan melindungi kaki dan tangan dari friksi dan tekanan.
Gunakan sepatu yang nyaman dipakai. Taruh bantalan di area yang biasa menyebabkan lepuh.
Jika Anda punya rencana berjalan jauh, gunakan kaus kaki sintetik yang nyaman untuk mencegah friksi.
Gunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan manual.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel