Kenali Gejala dan Tips Perawatan Ruam Popok Si Kecil

Kenali Gejala dan Tips Perawatan Ruam Popok - Hampir semua bayi pernah gatal di daerah popok, benar bukan ? biasanya hal ini sebagai akibat urine atau tinja di popok. Membiarkan popok bayi basah dan kotor dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan gatal, apalagi saat Si kecil menderita diare. Terkadang bercak ini bisa juga akibat makanan yang baru di makan bayi. Jika bayi mengalami gatal didaerah popok, area ini akan tampak merah dan luka sehingga bayi biasanya rewel karena tidak nyaman. Bercak ini jika di biarkan bisa menyebar hingga selangkangan bayi, juga bisa berisi nanah (pus) dan meradang.

Kenali Gejala dan Tips Perawatan Ruam Popok Si Kecil

Nah, jika Anda menjumpai kondisi ini pada buah hati Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gatal di daerah popok dan mencegah agar tidak terjadi infeksi. Sebagian besar gatal didaerah popok menghilang dalam 3-4 hari.
  • Seringlah mengganti popok bayi untuk mencegah infeksi kulit (lihat tips dan teknik praktis). Bayi yang laru lahir perlu diganti popoknya setiap habis disusui (sekurangnya 6 kali setiap harinya). Jika bayi mengalami bercak kemerahan, gantilah lebih sering.
  • Jangan gunakan produk kulit atau tissue bayi berparfum, yang mengandung bahan yang membuat kulit bayi menjadi kering. Jangan gunakan sabun yang bisa menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga lebih rentan pecah-pecah.
  • Coba popok kain dengan bubuk cuci yang non biological dan bilas bersih.
  • Jika bayi mulai makan, berikan satu makanan baru dalam satu waktu untuk melihat apakah ini yang menyebabkan gatal.


Teknik Praktis Mengganti Popok

Terapkan rutinitas mengganti popok bayi jika bayi gatal dan untuk menyembuhkan radang dan mencegah muncul kembali.
  • Saat mengganti popok, pertama bersihkan tinja dengan tissue kering atau kapas, kemudian tuangkan atau semprotkan air hangat di area tadi kemudian usap kembali. Keringkan dega handuk lembut.
  • Biarkan bayi menendang tanpa popok sekitar 10 menit agar kulitnya kena udara. Ini mencegah infeksi dari jamur yang berkembang ditempat gelap, lembab di tubuh.
  • Lindungi kulit bayi dengan mengusapkan krem. Seperti krem zinc dan minyak kastor sebelum memakaikan popok baru.
  • Gunakan popok sekali pakai yang menarik kelembaban dari kulit bayi.
Kunjungi dokter jika Anda menemukan bercak gatal tidak hilang setelah seminggu, atau seluruh daerah popok terkena atau kulit menjadi merah da nada titik-titik berisi nanah.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel