Dasar-Dasar Pertolongan Pertama Yang Harus di Ketahui

Dasar-Dasar Pertolongan Pertama Yang Harus di Ketahui - Untuk melakukan pertolongan pertama secara efektif, dibutuhkan persiapan yang baik. Nah, metode dan langkah-langkah berikut ini dapat direapkan dalam setiap situasi darurat, dan langkah ini akan membantu Anda menghadapi korban dengan tenang, aman, dan efisien di setiap situasi.


Untuk melakukan pertolongan pertama secara efektif, dibutuhkan persiapan yang baik. Nah, metode dan langkah-langkah berikut ini dapat direapkan dalam setiap situasi darurat, dan langkah ini akan membantu Anda menghadapi korban dengan tenang, aman, dan efisien di setiap situasi.

  1. Bahaya – Sebelum beraksi, periksalah apakah korban tersebut dalam bahaya. Tangani setiap resiko jika bisa, tapi jangan pertaruhkan keselamatan Anda untuk memberi pertolongan pertama.
  2. Respon – Periksa apakah korban tetap sadar, jika dia sadar, tangani setiap cedera. Jika korban tidak sadar, lakukan langkah berikut dalam penanganan darurat.
  3. Saluran nafas – yakinkan saluran nafas korban terbuka dan tak tersumbat sehingga udara dapat masuk ke paru-paru dengan bebas.
  4. Pernafasan – Periksa pernafasannya, minta seseorang memanggil ambulans. Jika masih bernafas, baringkan dalam posisi pemulihan ( baringkan telentang dipermukaan rata dan berlantai keras, ekstensikan kepala, agar jalan nafas tetap terbuka ).
  5. Sirkulasi – setelah memberi bantuan pernafasan, periksa denyut nadi, tangani setiap cedera hanya saat pernafasan dan sirkulasinya stabil.
Sebagai langkah-langkah untuk mengantisipasi situasi darurat yang bisa terjadi kapan saja, dan dimana saja. Anda perlu menyediakan kotak P3K ( Firs Aid Kit ), atau dengan membuat sendiri dan dimasukkan kedalam kotak atau kaleng tertutup. Taruh kotak ditempat sejuk, kering, jauh dari jangkauan anak-anak, tapi yakinkan ini cukup mudah untuk diambil. Simpan waslap dan selimut bersama kotak P3K dan simpan ekstra kotak P3K di mobil.

     Plester untuk menutup luka, goresan, dan lepuh.     Pembalut segitiga untuk cedera anggota badan.     Perban gulung untuk menekan luka, menopang retak.     Kasa gulung untuk menahan kasa ditempatnya.     Kasa perban yang berguna untuk menutup luka (ditaruh langsung diatas luka)     Kasa luka steril dan dapat digunakan sebagai kasa atau perban.     Perban tubular dan aplikator jari tangan dan jari kaki.     Tissue basah tanpa alkohol untuk memebrsihkan luka saat tidak ada air.     Perekat selotip – perekat untuk menahan perban.     Piset dan gunting – pinset untuk mencabut dan gunting untuk memotong.     Sarung tangan sekali pakai (disposible) untuk mencegah penularan saat menyentuh cairan tubuh.     Kompres dingin untuk mengurangi bengkak saat terkilir.     Cairan desinfekan seperti betadin, obat merah, rivanol untuk mengompres luka terbuka.

Nah, apa saja yang harus ada dalam kotak P3K? Berikut ini beberapa kelengkapan yang harus tersedia didalam kotak P3K.
  • Plester untuk menutup luka, goresan, dan lepuh.
  • Pembalut segitiga untuk cedera anggota badan.
  • Perban gulung untuk menekan luka, menopang retak.
  • Kasa gulung untuk menahan kasa ditempatnya.
  • Kasa perban yang berguna untuk menutup luka (ditaruh langsung diatas luka)
  • Kasa luka steril dan dapat digunakan sebagai kasa atau perban.
  • Perban tubular dan aplikator jari tangan dan jari kaki.
  • Tissue basah tanpa alkohol untuk memebrsihkan luka saat tidak ada air.
  • Perekat selotip – perekat untuk menahan perban.
  • Piset dan gunting – pinset untuk mencabut dan gunting untuk memotong.
  • Sarung tangan sekali pakai (disposible) untuk mencegah penularan saat menyentuh cairan tubuh.
  • Kompres dingin untuk mengurangi bengkak saat terkilir.
  • Cairan desinfekan seperti betadin, obat merah, rivanol untuk mengompres luka terbuka.
Perhatian : Jika Anda tak bisa mendekati korban kecuali dengan mempertaruhkan keselamatan Anda, sebaiknya tinggalkan dia dan telepon petugas penyelamat dan medis segera.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Dasar-Dasar Pertolongan Pertama Yang Harus di Ketahui "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel