Penyakit Grup B Streptococcus ( GBS ), Apa Itu ?

Penyakit Grup B Streptococcus ( GBS ), Apa Itu ? - Streptococcus grup B adalah jenis umum bakteri yang dapat menyebabkan berbagai infeksi pada bayi yang baru lahir. Beberapa infeksi yang paling umum yang disebabkan bakteri ini adalah sepsis, pneumonia, dan meningitis. Bayi biasanya mendapatkan bakteri dari ibu bayi selama kelahiran – banyak wanita hamil membawa bakteri ini dalam rektum atau va*gi*na, di mana bakteri dapat dengan mudah menular kepada bayi yang baru lahir jika ibu belum di obati dengan antibiotik.

Penyakit Grup B Streptococcus ( GBS ), Apa Itu ?

Bayi dengan GBS sering menunjukkan gejala infeksi dalam minggu pertama kehidupannya, meskipun kadangkala gejala baru timbul beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian. Tergantung pada infeksi ( pneumonia atausepsis, misalnya ), kesulitan bernapas atau makan, suhu tinggi, kelesuan, dan mudah tersinggung.

Bagaimana mengenali dan mengobati penyakit ini ?

Untuk mendiagnosis penyakit GBS, biasanya dokter akan melakukan tes darah dan mengambil sampel darah, urin, dan, jika perlu cairan serebrospinal untuk mencari bakteri. Dokter menggunakan jarum untuk mendapatkan sampel darah dan jarum tulang belakang untuk melakukan pungsi lumbal untuk cairan serebrospinal. Urin biasanya diperoleh dengan kateter yang dimasukkan ke dalam uretra. Infeksi yang disebabkan oleh GBS dapat diobati dengan antibiotic, serta perawatan yang cermat dan pemantauan yang seksama di rumah sakit.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel