Tips Sederhana Mencegah Penyakit Hernia

Tips Sederhana Mencegah Penyakit Hernia
Mengenal Penyakit Hernia - Hernia adalah benjolan di selangkangan, atau lebih jarang, di pusar, yang cenderung hilang saat Anda berbaring datar. Pada laki-laki, hernia biasanya muncul di skrotum ( buah za*kar ). Anda mungkin tak punya gejala lainnya, atau merasa nyeri atau rasa tertarik. Hernia terjadi saat bagian dari usus menekan di titik yang lemah di otot perut Anda. Ini terjadi akibat tekanan di perut karena aktivitas seperti angkat berat, batuk, bersin, atau memaksa saat buang air besar. Kelebihan berat badan membuat Anda semakin rentan menderita hernia.

Hernia biasanya memerlukan tindakan operasi, tapi ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mendukung pengobatan dokter.
  • Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan mengangkat barang, coba minta pekerjaan yang lebih ringan. Sekali Anda sembuh, berhati-hatilah saat mengangkat barang berat.
  • Makan makanan yang mengandung diit tinggi serat ( buah, sayuran, roti gandum ), dan minum 6-8 gelas setiap hari. Ini akan membantu gerakan usus besar. Hindari mengedan terlalu keras saat BAB.
  • Berhenti merokok, karena batuk dapat menambah tekanan di hernia.
  • Hilangkan kelebihan berat badan, karena berat menekan dinding perut Anda.
  • Gunakan celana supporter penyokong selangkangan dalam kondisi tertentu saja, kecuali alat ini dipasang atas saran dokter.

Pencegahan

Teknik berikut ini dapat Anda lakukan untuk mencegah hernia, khususnya jika pekerjaan Anda berkaitan dengan pekerjaan manual yang berat. Jika bendanya terlalu berat, jangan coba mengangkat atau bergerak tanpa alat bantu, roda, atau trolly.
  • Saat Anda mengangkat benda berat, tekuk lutut ( tidak punggung ) dan gunakan otot kaki untuk memberi kekuatan mengangkat. Jongkok dekat benda dan pegang dasarnya.
  • Luruskan lutut dan bangun dengan otot kaki dalam satu gerakan halus.
  • Saat Anda membawa benda, jaga berat dekat badan Anda, punggung lurus, dan kepala tegak. Saat menurunkan benda, tekuk lutut Anda.

Peringatan

Segera minta bantuan medis, jika Anda punya hernia yang tak dapat dengan lembut dimasukkan kembali dan/ atau Anda merasa panas dan lembek pada benjolan; mual dan muntah; nyeri perut parah; dan konstipasi ( sulit BAB ).
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel