Mata Kaki Bengkak ? Intip Solusinya



Mata Kaki Bengkak ? Intip Solusinya
Mata Kaki Bengkak ? Intip Solusinya - Mata kaki seringkali mengalami bengkak, terutama setelah lama tidak digerakkan, seperti saat perjalanan mobil atau kapal terbang yang lama, atau jika harus berdiri lama, khususnya dalam udara panas. Bengkak biasanya disebabkan menumpuknya cairan, akibat aliran darah yang tersumbat. 

Mata kaki Anda tidak nyeri, tetapi Anda merasa tak nyaman, ketat di kulit. Masalahnya bisa bersamaan dengan varises, dan beberapa wanita rentan dengan mata kaki bengkak selama periode kehamilan. Beberapa obat dapat berkontribusi pada bengkaknya mata kaki, dan kadang kala indikasi dari masalah jantung, ginjal, atau kondisi hati. ( lihat juga varises ).

Jika Anda rentan mengalami kondisi pembengkakan mata kaki, semoga tips berikut ini dapat membantu untuk mengurangi bengkak atau mencegah menumpuknya cairan pada area mata kaki.

  • Untuk mengurangi bengkak, berbaringlah, dan naikkan kaki 15-30 cm di atas tinggi jantung Anda. Jangan taruh apapun di bwah lutut Anda.
  • Jika harus berdiri dalam waktu lama, gerakkan betis setiap beberapa menit dan goyangkan jari kaki.
  • Jika Anda rentan terhadap mata kaki bengkak, gunakan stocking khusus. Pakai di pagi hari, saat kaki Anda belum mengalami pembengkakan.
  • Selama perjalanan dengan mobil, dalam waktu yang lama, berhentilah lebih sering agar Anda dapat meregangkan kaki.
  • Pada perjalanan dengan  kapal terbang, latihlah kaki Anda ( lihat teknik praktis ). Coba gunakan kaos kaki khusus untuk penerbangan untuk memperbaiki aliran darah di kaki Anda.
  • Minum 6-8 gelas air setiap harinya, untuk mencegah dehidrasi.
  • Pakai sepatu berhak rendah atau rata; ini membuat otot betis bekerja lebih keras daripada sepatu berhak tinggi.
  • Jangan kenakan korset atau pakaian dalam atau celana ketat. Hindari kaos kaki dengan karet ketat.

Teknik Praktis Latihan dalam penerbangan untuk meminimalisir mata kaki bengkak.



Dalam penerbangan yang panjang dan memakan waktu yang lama, lakukan latihan lebih kurang 30 menit, untuk meningkatkan aliran darah. Ini akan mencegah gangguan thrombosis pembuluh darah akibat penggumpalan darah di kaki.

  • Mulai dengan mendatarkan telapak kaki, jaga tumit dilantai dan naikkan jari kaki setinggi yang Anda bisa.
  • Kini, angkat tumit tinggi, tekan ujung kaki di lantai. Lakukan pemompaan kaki ini selama 30 detik.
  • Regangkan satu kaki di depan Anda dan putar kaki 8 kali untuk stiap arah. Ganti kaki dan putar kaki yang lain.

Nah, demikian beberapa tips dan teknik praktis yang dapat Anda lakukan, jika sering mengalami pembengkakan mata kaki, terutama Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering menggunakan kendaraan seperti mobil dan kapal terang dalam waktu lama. Semoga membantu.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel