Tips Mengatasi Gangguan Muskuloskeletal Selama Kehamilan

Penyakit Muskuloskeletal seperti nyeri pinggang dan nyeri iga merupakan masalah umum kehamilan. Hampir 50% wanita hamil di duga menderita penyakit tersebut.

Tips Mengatasi Gangguan Muskuloskeletal Selama Kehamilan

Nyeri punggung sewaktu hamil disebabkan oleh bertambahnya kelemahan ligamenta tulang belakang karena meningkatnya kadar hormon relaxin dan progesteron. Keadaan ini menyebabkan tulang belakang mudah diserang selama olahraga dan mengangkat beban. Sendi sacroiliaca ( dalam pelvis ) yang terutama rentan disebabkan penambahan beban antara sacrum dan ilium.

Ketika fetus tumbuh, berubahnya postur dan gaya berat menimbulkan stres pada daerah yang berbeda pada tulang belakang. Keadaan ini bisa diperburuk oleh postur yang jelek.

Daerah Nyeri

Nyeri mungkin terlokalisasi pada bagian bawah pinggang atau menyebar ke pangkal paha, bokong, atau tungkai bawah. Nyeri menurun pada bagian belakang tungkai bawah yang mungkin disebabkan oleh iritasi saraf ischiadicus. Nnyeri dari sendi sacro-iliaca biasanya terlokalisasi pada satu sisi di sacrum, meskipun  juga bisa dirasakan di pangkal paha.

Menghindari Nyeri Pinggang

Wanita hamil harus menaruh perhatian khusus  bila mengangkat barang ( seperti megangkat barang belanjaan ke luar dari mobil ). Meskipun olahraga bermanfaat, aktivitas tertentu ( misalnya mengangkat barang berat ) bisa memicu nyeri pinggang, sebab gerakan tertentu bisa menimbulkan regangan pada pelvis. Aktivitas sederhana seperti gaya dada waktu berenang bisa memicu nyeri sendi sacro-iliaca. Kelas yoga antenatal khusus bisa membantu memperbaiki postur dan pernapasan, peregangan berlebihan harus dicegah.
Ketika duduk lama bangku harus ada sandaran pinggangnya. Menaruh satu kaki pada tempat duduk dengan sandaran yang rendah waktu berdiri akan mengurangi lordosis lumbal ( lengkung bagian pinggang ). Memakai sepatu bertumit rendah dan latihan memiringkan pelvis untuk meluruskan bagian pinggang akan bisa membantu.

Penanganan Nyeri Pinggang

Otot Transversus abdominalis merupakan kelompok otot bagian dalam perut yang bekerja sebagai korset dan mendukung tulang belakang. Wanita dengan riwayat nyeri pinggang akan berguna untuk perbaiki tonus postural otot ini pada kehamilan muda.

Bila nyeri hebat atau berlangsung lebih dari beberapa hari merupakan indikasi untuk dirujuk ke bagian fisioterapi atau mungkin diperlukan penilaian ahli tulang. Mereka bisa menggerakkan tulang belakang dengan lembut untuk mengurangi nyeri dan menentukan latihan penyembuhan. Ikat pinggang pendukung ibu bisa menghilangkan nyeri yang berasala dari masalah sendi sacro-iliaca, sebab akan mempertahankan stabilitas pelvis.

Nyeri Iga

Nyri iga mungkin dialami pada kehamilan trimester ketiga. Ini karena fetus dalam uterus mendorong ke atas dalam rangka iga atau dari regangan otot-otot ligamenta sekitar rangka iga. Keadaan ini sering kali memburuk pada satu sisi dan bisa sangat sakit, terutama bila bayi menendang. Wanita biasanya merasa sembh ketika fetus pindah ke bawah dan masuk ke rongga pelvis pada kehamilan lanjut.

Penanganan Nyeri Iga

Bila sedang duduk, sebagian tulang belakang harus didukung. Perhatian khusus harus diambil bila duduk dalam mobil; bantal kecil atau handuk yang digulung dan diletakkan di bagian belakang akan bisa membantu. Meregangkan tangan keatas kepala mungkin bisa mengurangi nyeri iga. Ahli fisioterapi atau ahli tulang bisa melakukan teknik mobilisasi lembut dan memberikan saran posisi yang bisa mengurangi nyeri.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel