Leher Anda sering Nyeri dan Kaku ? Coba Tips Ini

Leher Anda sering Nyeri dan Kaku ? Coba Tips Ini
Tips Sehat - Anda sering mengalami nyeri dan kaku pada leher ? Kondisi  ini umumnya sering dialami banyak orang, seperti pekerja kantoran,  dimana hampir seluruh aktifitasnya dilakukan di meja dan berhadapan dengan komputer , atau postur Anda salah sewaktu tidur, sehingga saat Anda bangun timbul nyeri dan kekakuan pada leher. ( kata orang tua dulu sih “ salah bantal “ ) baca juga : Mengenal Penyakit Skoliasis ( Pembengkokan Tulang Belakang )

Nyeri leher atau kaku biasanya akibat ketegangan atau kekejangan otot, yang disebabkan oleh postur yang buruk atau cedera minor. Anda menderita kaku leher dan bahu jika duduk condong di depan komputer untuk waktu yang lama, atau bangun dengan leher kaku jika tidur gelisah. Nyerinya bisa terasa hingga ke kepala, bahu, lengan atau punggung atas dan semakin parah saat menengok ke samping, keatas atau ke bawah. Nyeri dan kaku juga bisa akibat cedera, arthritis di tulang belakang, atau penyakit lainnya.

Jika Anda sedang mengalami gangguan seperti ini, semoga tips berikut ini dapat membantu mengatasi masalah nyeri dan kaku pada leher, dan biasanya akan membaik dalam waktu 2-3 hari.

  • Teruskan aktivitas seperti biasanya sejauh nyerinya dapat ditahan. Jika nyerinya buruk, Anda perlu mengistirahatkan leher sehari, atau dua hari.
  • Kerah khusus leher dapat menopang leher Anda. Buat kerah dengan menggulung handuk tangan dan masukkan kedalam salah satu celanan ketat, kemudian kitari sekeliling leher Anda. Gunakan kerah hanya dalam waktu yang singkat, dan jangan gunakan sepanjang malam.
  • Lakukan latihan leher secara perlahan sesegera Anda bisa ( lihat teknik praktis di bawah ini )
  • Minum obat penghilang nyeri atau coba gel atau krem ibupro*fen
  • Untuk mengurangi kekejangan otot, berdirilah di bawah pancuran hangat atau kompres hangat belakang leher selama 15 menit selama beberapa jam.
  • Gunakan bantal penopang di tempat tidur. Alternatifnya, buat bantal penopang leher dengan mengikat selendang di tengah bantal sehingga berbentuk kupu-kupu. Taruh kepala Anda di bagian paling sempit.
  • Kunjungi dokter Anda jika, nyeri ata kakunya semakin parah, atau masalah tak berkurang setelah 2-3 hari.

Teknik praktis Latihan leher untuk mengurangi kekakuan

  • Berdiri tegak, atau duduk di tepi kursi memandang lurus ke depan. Jatuhkan kepala ke satu sisi, kearah bahu Anda. Pertahankan bahu tetap rendah.
  • Pertahankan selama beberapa detik, kemudian tegakkan kepala Anda kembali. Ulangi ke sisi lain dengan cara yang sama.
  • Ulangi latihan lima kali setiap sisi. Sekitar tiga kali sehari. Latihlah meskipun nyeri tapi jangan terlalu di paksakan.
  • Secara bertahap tambah jangkauan gerakannya. Berhenti segera, jika nyerinya bertambah atau jika mulai menjalar ke lengan atau tangan.
Semoga tips sederhana mengurangi nyeri dan kekakuan leher dapat membantu Anda mengatasi nyeri yang mengganggu, sehingga Anda dapat kembali beraktifitas dengan normal tanpa gangguan.