Tips Mengobati dan Mengurangi Mimisan

Tips Mengobati dan Mengurangi Mimisan
Tips Kesehatan - Mimisan umum terjadi pada anak-anak, tetapi beberapa orang dewasa kadang mengalaminya juga. Akibat umumnya termasuk mengorek hidung dan mengeluarkan nafas keras lewat hidung, tapi mimisan sering terjadi tanpa alasan jelas. Hidung Anda berdarah jika lapisan halusnya teriritasi saat flu atau alergi, atau jika menjadi kering dan pecah akibat lingkungan yang kering. meskipun sebagian besar mimisan tak lebih dari gangguan sementara. kadang kala ini gejala fisik dari penyakit tertentu. Baca juga : Kuku Tumbuh Kedalam ? Baca Tips Ini

Mimisan tampak mengejutkan tapi biasanya mudah berhenti. Pada orang lanjut usia, mimisan biasanya akan lebih sulit di kontrol, coba langkah berikut ini.

Mengontrol Mimisan

Usahakan tetap tenang. Jika Anda membantu seseorang yang mimisan, tenangkan diri dan jangan dorong tissue atau kapas ke dalam lubang hidung untuk menghentikan pendarahan, coba ambil langkah menghentikan pendarahan dibawah ini :
  • Langkah ini dapat menghentikan pendarahan dalam 5-10 menit. Condongkan badan, jika pening duduklah dan condongkan badan ke depan.
  • Pencet keras bagian lembut hidung selama 5-10 menit. Bernafaslah lewat mulut.
  • Jika pendarahan terus terjadi setelah 10 menit, pencet selama 5-10 menit lagi, jika cara tersebut tidak berhasil juga, segera minta bantuan medis.

Setelah pendarahan berhenti, hindari hal-hal berikut

  • Jangan coba meniup lewat hidung 24 jam sesudahnya. yakinkan Anda tak mengorek hidung.
  • Jika Anda ingin bersin, lakukan dengan mulut terbuka.
  • Hindari minuman panas, alko*hol dan mero*kok.
  • Tidur dengan kepala dinaikkan dengan 2 atau 3 bantal.
  • Hindari latihan olahraga keras 24 jam setelah mimisan.
  • Dalam ruangan kering, gunakan pelembab udara.
  • Jika Anda rentan terhadap mimisan karena hidung cenderung kering dengan serpihan kulit di dalamnya, oleskan petroleum jelly ke dalam lubang hidung beberapa kali sehari untuk melembutkan membran halus yang melapisi hidung. Alternatifnya, gunakan tetes hidung saline ( tersedia di apotek dan aman digunakan pada anak-anak. Jika lapisan dalam hidung Anda kering, gunakan beberapa kali sehari.
Segera datang ke dokter jika, Anda terus menerus menderita mimisan, Anda merasa tak enak badan, dan Anda mudah menderita lebam. Baca juga :  Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Tips Mengobati dan Mengurangi Mimisan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel