Tips Mudah dan Praktis Atasi Kuku Rusak dan Rapuh

Tips Mudah dan Praktis Atasi Kuku Rusak dan Rapuh
Healthynesia -Penyebab paling umum dari kuku rusak adalah infeksi jamur. Biasanya pada jari kaki, khususnya jika kaki Anda berkeringat atau tak mengeringkan dengan benar setelah mencucinya, meskipun kuku juga dapat terinfeksi jika kelembaban terperangkap di bawah kuku palsu. Kuku menjadi lebih tebal, kasar, putih atau kuning, tumbuh tak normal atau terpisah dari dasar kuku. Masalah kuku lainnya, kering keras, dan rapuh yang gampang patah, bercak putih akibat cedera ringan; dan garis vertikal di kuku, yang umumnya terjadi pada usia lanjut. Dalam kasus lebih sedikit, perubahan kuku mengindikasikan penyakit tertentu.

Jika Anda mengalami masalah diatas, ada beberapa tips yang cukup mudah dan praktis dilakukan untuk mengobati kuku yang rusak dan rapuh, dan dapat bersama-sama dengan pengobatan yang diresepkan oleh dokter.

  • Cuci tangan setelah menyentuh kuku yang infeksi. Jika kaki yang terkena, jangan berjalan tanpa alas di kolam renang, kamar mandi atau ruang ganti, karena Anda dapat menularkan infeksi pada orang lain.
  • Gunakan kaos kaki katun dan ganti setiap hari. Gunakan sepatu yang pas, terbuat dari bahan alami yang tidak memerangkap kelembaban. Jika kaki berkeringat, buka sepetu sepanjang hari, jika mungkin kenakan sendal dengan ujung terbuka.
  • Lakukan perawatan untuk memperbaiki kuku yang kering dan rapuh ( lihat teknis praktis, di bawah ini ).
  • Gunakan sarung tangan katun untukmelindungi kulit saat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci atau menggunakan produk pembersih rumah.
  • Oleskan penguat kuku setiap minggu. jangan gunakan kuku buatan atau pewarna kuku.
  • Lembutkan garis vertikal di jari dengan alat menicure. jangan haluskan terlalu dalam karena akan menipiskan kuku.

Teknis Praktis Merawat Kuku

Teknik ini akan membantu kuku tetap kuat dan sehat juga dapat mengurangi kerapuhan yang terjadi pada kuku Anda
  1. Potong kuku segi empat di sudut sisinya dan agak bulat di bagian atas. Potong kuku yang keras atau rapuh setelah mandi atau direndam di dalam air.
  2. Kikir kuku satu arah saja, dengan lembut dari sudut keujung atasnya. Melakukan gerakan " berbeda arah " dapat meperlemah kuku.
  3. Jangan buang kutikel ( kulit pinggir kuku ) selama menicure; lebih baik rendam dalam air hangat, kemudian dorong kutikel kedalam dengan alat pendorong kutikel.
  4. Saat mau tidur, gosok pelembab ke kutikel dan kulit sekitar kuku. Bubuhkan pelembab setelah kapanpun Anda mencuci tangan.
Demikian tulisan singkat tentang Tips Mudah dan Praktis Atasi Kuku Rusak dan Rapuh, semoga bisa memberikan tambahan refernsi tentang perawatan kuku.