Tips Mengatasi Penebalan Kulit dan Callus

- Thursday, January 16, 2014
Tekanan yang lama atau friksi pada kaki atau tangan dapat menyebabkan kulit menjadi menebal ( callus ). Penebalan di sendi atau jari kaki, sering akibat sepatu yang tidak cocok. Callus dapat terjadi di bagian dasar kaki, biasanya akibat tekanan yang tidak seimbang saat berjalan, atau ditangan jika Anda melakukan kerja manual yang keras atau memainkan alat musik. Penebalan melindungi kulit yang lembut di bawahnya, jadi Anda tak perlu menghilangkannya kecuali mulai terasa nyeri.( lihat gambar  )

Tips Mengatasi Penebalan Kulit dan Callus
Callus : sumber mamashealth.com

Pertama temukan penyebab callus, karena lebih mudah mengobatinya saat penyebabnya dapat dihilangkan. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengurangi masalahnya.
  1. Gunakan busa untuk mengurangi tekanan antara jari kaki, dan spon yang berbentuk cincin kecil untuk melindunginya di area lain. Plester hydroclolloid akan membantu melembutkan kulit.
  2. Rendam callus dalam air bersabun yang hangat selama 10 menit setiap hari, kemudian gosok lembut dengan batu apung untuk mengurangi kulit yang keras.
  3. Jangan pernah memotong atau menyilet sendiri. Anda dapat membubuhkan saliycid acid untuk melembutkan kulit yang menebal.

Pengobatan

Plester hydrocolloid : ini berbentuk gel yang berfungsi melindungi dan melembabkan kulit sehingga callus dapat dibuang dengan mudah.
Saliycid Acid : berbentuk gel, lotion atau salep. Dapat digunakan untuk menghaluskan callus sehingga mudah dibuang. Produk yang mengandung saliycid acid dapat membakar kulit sekitarnya, jadi bubuhkan dengan hati-hati dan ikuti intruksi. Alternatifnya, gunakan atau plester, sehingga saliycid acid dapat langsung dibubuhkan dikulit yang menebal.
Pelembab : Melembutkan kulit sehingga callus tidak mudah timbul. Bubuhkan krem cair atau salep pelembab untuk tangan dan kaki setelah dicuci atau sepanjang hari.

Langkah-langkah berikut dapat mencegah callus / penebalan kulit, diantaranya
  1. Gunakan sepatu yang nyaman dan pas. Hindari sepatu yang berhak tinggi atau berujung sempit. Pastikan alas dan hak sepatu yang mulai aus diganti.
  2. Jika dasar kaki Anda rentan terkena callus beri plester hydrocolloid atau beri bantalan dalam sepatu Anda.
  3. Gunakan sarung tangan berbantalan saat menggunakan peralatan atau mesin.
  4. Jika Anda memainkan alat musik dengan senar, bisa membantu jika Anda memasang plester diujung jari untuk perlindungan.