Anda Rawan Kena Bisul ? Baca Tips ini

Anda Rawan Kena Bisul ? Baca Tips ini
Pada umumnya bisul di awali dengan sebuah benjolan kecil, merah, nyeri di bawah kulit, yang akan semakin membengkak saat nanah ( pus ) terakumulasi di dalamnya. Daerah ini biasanya hangat saat disentuh atau ditekan. Ini disebabkan infeksi akar rambut atau kelenjar minyak di kulit. Biasa terdapat di bokong, paha, ketiak, wajah, dan juga pada leher. Beberapa bisul, perlahan menghilang tanpa mengeluarkan isinya lebih dulu. Kadang kala, berbentuk sekumpulan bisul yang saling berdekatan, yang disebut carbuncle.

Bagi Anda yang sedang atau rawan sekali terjangkit penyakit bisul atau dalam bahasa awamnya sering disebut dengan penyakit darah kotor, ada beberapa tips dan langkah mudah untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan bisul, dapat Anda lihat sebagai berikut.

  • Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa nyeri seperti : parasetamol jika bisul terasa nyeri.
  • Cuci daerah yang kena bisul setiap hari dengan teliti dan keringkan.
  • Untuk membantu bisul cepat matang, lakukan kompres hangat beberapa kali sehari.
  • Jangan pencet bisul atau mencoba mengeluarkan isinya dengan jarum karena bisa menyebabkan infeksi, biarkan isinya keluar atau menghilang dengan sendirinya.
  • Setelah bisul peceh, tutup dengan plaster. Cuci daerah yang terkena dan ganti plesternya secara teratur hingga pulih.
  • Pisahkan handuk wajah dan badan untuk menghindari penyebaran infeksi ke orang lain.
  • JIka sprei atau baju terkena bisul, cuci dengan air panas, paling baik dengan air mendidih.
  • Cuci tangan sebelum memegang makanan, dan pastikan bisul ditutup dengan plester atau penutup lainnya. Bakteria yang menyebabkan bisul dapat juga menyebabkan keracunan makanan.
  • Hindari olahraga yang kontak badan hingga bisulnya sembuh.

Teknik Praktis Kompres Hangat Untuk Mematangkan Bisul

Gunakan perawatan ini hingga kurang lebih empat kali sehari untuk membantu bisul cepat matang dan mengeluarkan isinya.
  • Rendam kain bersih dalam air hangat, kemudian peras dan taruh tepat diatas bisul. Rendam lagi kain untuk menghangatkannya, teruskan selama 30 menit.
  • Tutup bisul dengan penutup yang bersih dan steril.
  • Tetap kompres selam beberapa hari setelah bisulnya pecah untuk membuatnya cepat kering.
Anda perlu mengatur jadwal untuk bertemu dokter bilamana bisulnya tidak juga hilang setelah seminggu melakukan perawatan sendiri, atau bisul menjadi sangat nyeri dan/ atau membesar, bisul terus tumbuh, Anda demam dan merasa tidak nyaman. ( sumber gambar : bisul.org )
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel