Gigi Sakit dan Berlubang? 7 Obat Alami

Gigi Sakit dan Berlubang? 7 Obat Alami - Bagi Anda yang pernah menderita sakit gigi akibat gigi berlubang, tentu tidak perlu di ceritakan lagi bagaimana rasanya, pokoknya semua menjadi tidak enak. Mau tidur salah, mau makan salah, dengar suara berisik salah, pokoknya semua serba salah. Makanya kudu rajin menjaga dan merawat gigi agar tidak berlubang dan menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu, bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati, benar bukan?


Secara umum banyak sekali yang bisa menjadi penyebab gigi berlubang, beberapa diantaranya seperti terlalu sering mengkomsumsi makanan manis, malas menggosok gigi dan sebagainya. Gigi berlubang palin sering terjadi pada gigi geraham, dimana kita tahu bahwa, gigi geraham memiliki fungsi penting untuk dalam proses mengunyah, hal inilah yang membuat kita susah makan ketika menderita sakit gigi.



Jika lobang pada gigi sudah sangat besar dan sulit untuk ditanggulangi tentunya Anda harus menyerahkan kepada dokter ahlinya, dan biasanya dokter akan melihat sejauh mana kerusakan yang terjadi pada gigi Anda, dan apakah masih bisa di pertahankan atau harus di cabut, sebagai tahap awal dokter akan memberikan obat untuk menanggulangi radang pada gigi, mengurangi rasa sakit, untuk beberapa hari, kemudian disarankan untuk kembali melakukan check-up untuk tindakan selanjutnya terhadap gigi yang bermasalah.


Jika lubang pada gigi belum begitu parah, mungkin 7 obat alami berikut  ini dapat membantu Anda untuk menyembuhkan sakit gigi yang mengganggu,simak tipsnya lebih lanjut berikut ini:

1.Gunakan Daun Jambu Biji

Wah! ternyata daun jambu biji bisa mengobati sakit gigi lho, caranya sangat mudah sekali, ambil daun jambu biji yang masih muda beberapa helai, bersihkan kemudian dikunyah, atau dapat juga digunakan dengan cara ditumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

2.Bawang Merah
Tahukah Anda bahwa bawang merah memiliki khasiat sebagai anti mikroba dan anti septik, tentu sangat cocok untuk mengobati sakit gigi akibat radang atau pembengkakan akibat kuman yang terjadi pada gigi. Caranya juga sangat gampang. Tinggal ambil 1 siung bwang merah, kupas kulit luarnya setelah itu dikunyah, jika Anda kesulitan untuk mengunyah langsung, Anda bisa mengoleskan bawang merah pada area gigi yang berlubang. Mudah bukan?


3.Lada
Anda familiar dengan lada yang biasa digunakan sebagai rempah-rempah bukan? cara menggunakannya juga cukup mudah, ambil lada secukupnya dan campur dengan garam, tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta lada yang dicampur garam pada bagian gigi berlubang, diamkan beberapa menit, setelah itu jangan lupa berkumur-kumur, ini bisa dilakukan beberpa kali sampai sakit gigi Anda berkurang atau hilang.

4.Jeruk Nipis
Jeruk nipis banyak digunakan sebagai obat alami untuk sakit gigi lho, caranya cukup simpel, Anda tinggal meneteskan perasan jeruk nipis pada ggi berlubang, memang pada awalnya akan terasa sangat sakit dan nyeri, tapi jangan cemas karena berangsur-angsur rasa perih bahkan sakit giginya akan ikut hilang, dan ternyata kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis inilah yang berperan aktif mengobati sakit gigi secara lami, luar biasa ya?

5.garam
Kalau garam sih, sudah digunakan orang-orang dulu untuk mengobati sakit gigi dengan cara berkumur-kumur dengan air yang sudah dicampur dengan garam dapur yang beryodium, dan sejauh ini cara ini cukup efektif untuk meringankan bahkan menyembuhkan sakit gigi. Kandungan yodium dalam garam berperan penting untuk meredakan sakit gigi.

6.Cengkeh
Anti inflamasi, anti oksidan, anestetik dan anti bakteri merupakan beberapa khasiat dari tanaman cengkeh, sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang dengan cara alami. Caranya teteskan minyak cengkeh pada satu gelas air kemudian jadikan air sebut sebagai obat kumur-kumur. Lakukan hingga beberapa kali sampai sakit gigi Anda reda atau hilang. Cara lainnya bisa dilakukan dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang berlubang.

7.Menggunakan Biji Asam Jawa
Langsung saja caranya ya! ambil beberapa biji asam jawa, jangan lupa biji asam di sangrai hingga beberapa menit sampai biji asam menjadi agak kering, kemudian tumbuk biji asam jawa hingga menjadi halus, selanjutnya tinggal dioleskan pada bagian gigi Anda yang berlubang.


Terlepas dari semua itu, menjaga dan merawat kebersihan gigi sedini mungkin merupakan cara bijaksana agar Anda dan keluarga terhindar dari masalah-masalah pada gigi seperti gigi sakit dan berlubang.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel